DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Sekolah Anak Jalanan Rayakan Hari Kartini

Sekolah Anak Jalanan Rayakan Hari Kartini



 
 
 
Sekolah Anak Jalanan Rayakan Hari Kartini
 
Jakarta, Media Investigasi
Hari Kartini diwarnai oleh anak-anak TK SAAJA (Sekolah Alternatif Anak Jalanan) di bilangan HR.Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Dengan mengenakan berbagai busana daerah nasioanal, anak-anak TK tersebut berjalan sambil berbaris melintasi Jalan Epicentrum. Berbagai atribut pelengkap mendukung pakaian membangkitkan keceriaan peserta.
Tiap peserta yang mengikuti acara tersebut diberikan nomor tanda peserta. Usai melakukan pawai Kartini, mereka kembali menuju lokasi halaman sekolah untuk mengikuti acara Fashion show, tarian tradisional, merias dan bernyanyi bersama anak-anak jalanan. 

Menurut Agus Supriyanto, kegiatan ini dilakukan untuk mengingatkan pada masyarakat luas ketika itu bahwa,  hari ini adalah hari "Kartini". Dengan dukungan orang tua murid lebih mudah menelurkan semangat perjuangan pada saat Zaman kegelapan atau keterbatasan di era R.A Kartini.
Agus juga menambahkan, Lagu Indonesia Raya turut di suarakan setidaknya anak-anak dimulai dari usia dini, agar mudah memahami sosok Kartini yang tegas.

"Pawai bertujuan untuk memberi pesan kepada masyarakat bahwa hari ini, hari Kartini jatuh pada tanggal 21 April, dulu perjuangan untuk kaum wanita yang tersisihkan," kata Agus SekJen LSM Param, lokasi Sekolah anak jalanan. 
Dia juga menambahkan pakaian dan ornamen tersebut melestarikan budaya dalam memeriahkan hari Kartini.
"Wanita pada saat itu perannya terbatasi karena gelapnya zaman pada kaum Kartini. Dan agar budaya tidak tergeser oleh Modernisasi, tetapi mengenai lomba bertujuan agar anak-anak tampil dikhalayak ramai percaya diri dan berani tampil,". Jelasnya.
Agenda ini akan dilakukan tiap tahun agar menjadi kebiasaan yang tertanam pada anak-anak tambahnya. (Didi Wijayanto/AS)

Post a Comment