DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

OJK NTB Mengedukasi Masyarakat Pesisir

OJK NTB Mengedukasi Masyarakat Pesisir



OJK NTB Mengedukasi Masyarakat Pesisir

Bima, Media Investigasi
Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  Prov NTB lakukan sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat pesisir di pelabuhan TPI Kampung Gusung Desa Bugis Kec Sape. 160 undangan yang disebar, hadir bupati yang diwakili Kabag Perekonomian, Muhaimin H,M,S.Adn Camat Sape, Muhammad Akbar Sekcam, unsur TNI, Polisi, H Jas'ari H, Zainudin SE Direktur Utama PT. BPR Bank Pesisir Akbar Kab Bima, serta Ichwan M Yakub sebagai Direktur beserta seluruh jajaran nya, M, Ani. S.sos Kepala Kas 1 Sape, serta M Saleh Nurdin sebagai Tim penanganan kredit bermodalan (TPKB) Bank Pesisir Akbar Sape, kepala desa sekecamatan Sape, serta tokoh masyarakat di sekitar.
“Kita datang bersama 3 orang anggot, Rizal selaku Kasubag, dengan 2 orang staf, Muhamad dan Saiful Anwar,” Jelasnya Ketua OJK Yusri Prov NTB.
Lanjutnya, OJK adalah salah satu lembaga baru negara yang independen, tugasnya meliputi pengawasan, pengaturan, dan mengaudit terhadap industri keuangan, sesuai yang di perintahkan oleh UU no 21 tahun 2011, tentang Otoritas Jasa Keuangan. Kegiatan ini, untuk mengedukasi masyarakat pesisir, tentang pengetahuan dan pemahaman masyarakat, terhadap 1. Industri keuangan yang terdiri dari perbankan dan pasar modal, 2. Keuangan bank seperti ansuransi, finance, pegadaian, lembaga keuangan mikro serta lembaga keuangan lainnya, ansuransi itu antara lain:1. Asuransi jiwa meliputi Asuransi jiwa berjangka, jiwa seumur hidup, jiwa dwi guna dan Asuransi Jiwa Unit Link, 2. Asuransi umum mencakupi antara lain, Asuransi Marine, Kebakaran, Kendaraan bermotor, Kecelakaan diri, Kesehatan dan Asuransi Tanggung Gugat, katanya.
Papar lagi, agar masyarakat faham, tata cara melakukan investasi dan ansuransi seperti biaya kuliah, biaya kematian, biaya sekolah, kemudian tidak menginvestasikan ke surat berharga yang bodong, terangnya.
Sementara Ichwan Direktur PT BPR Pesisir Akbar, dijelaskan keberadaan lembaga keuangannya, ada beberapa jenis tabungan, 1. Tabungaku (tabungan anak) dengan penbukaan rekening awal Rp 20.000,- 2.Tamasir (tabungan masyarakat pesisir) dengan penyetoran awal Rp 50.000,- 3. Tiram (tabungan inti masyarakat madani) dengan setor awal Rp 50.000,- Dan kredit mikro dan kredit konsumtif, serta keberadaan PT Pesisir Akbar bisa melayani dan di terima baik oleh masyarakat.
Demikian M saleh Nurdin selaku TPKB Kas 1 Sape, berharap kepada masyarakat Sape, supaya memahami, tentang depisito, tabungan dan kredit, terutama para nelayan pesisir ini. (Edi Mulyadin)
Post a Comment