Breaking News

TNI Kota/Kabupaten Bima Bersinergi Dalam Pembangunan

TNI Kota/Kabupaten Bima Bersinergi Dalam Pembangunan




TNI Kota/Kabupaten Bima Bersinergi Dalam Pembangunan

Bima, Media Investigasi
Pada Kamis ( 1/10 ) Dandim 1608 adakan “coffee morning” jumpa pers di Makodim 1608 Bima. Hadir Kasdim 1608 Mayor Infantri Jalal Saleh, Pasi Intel 1608 Kapten Infantri Junaid beserta beberapa  Anggota TNI Kodim 1608 Bima NTB. Kemudian Dandim 1608 Letnan Kolonel Arhanud Edy Nugraha, S.Sos. .
Awal kalimat Dandim saat itu, “Kodim adalah rumah kita bersama, silahkan datang dan singgah, pintu selalu terbuka.
Kami ingin dekat dengan siapapun masyarakat termasuk teman-teman wartawan,” kata Dandim 1608 Bima. Ini diartikan kesan sangar selama ini yang melekat pada aparat Loreng TNI mulai diubah imageny. Bahkan  kini tentara lebih dekat dengan masyarakat. Salah satunya dengan menjadi pendamping pengawas Program Upaya Khusus Peningkatan Swasembada Pangan. Hal tersebut juga yang ingin di ciptakan Komandan Distrik Militer 1608 Bima.
Edy menyebut, bentuk lain upaya TNI lebih dekat dengan masyarakat yaitu melalui “Program TNI Manunggal Masuk Desa ( TMMD ) yang akan di laksanakan pada empat kecamatan mulai 8 Oktober 2015 ini.  Target membangun 5000 jamban, pembukaan jalan tani sepanjang 600  meter, pemasangan keramik masjid.
“Paling utama diacara ini kita mengadakan penghargaan Lomba Karya Jurnalistik tentang aktivitas TMMD untuk teman-teman wartawan. Aspek penilaian termasuk kuantitas pemberitaan selama kegiatan itu berlangsung,” ujar Edy.
Untuk mendukung akses wartawan dan masyarakat terhadap data pelaksanaan TMMD, Kodim membuka posko khusus di perbatasan Desa Roi Kecamatan Palibelo dan Desa Roka Kecamatan Belo Kabupaten Bima NTB. Selain itu, bisa diakses melalui Staf Khusus Territorial. Sebelum kegtiatan TMMD, Kodim Bima juga melaksanakan sejumlah kegiatan sosial, “Pembagian 1200 paket melalui kegiatan pasar murah di sejumlah desa, donor darah dan pengobatan massal di Desa Renda Kecamatan Belo Kab. Bima NTB.
Untuk suksesnya program TNI Manunggal, Kodim akan berkordinasi dan melibatkan pemerintah untuk mewujudkan target pembangunan sejumlah sarana di Desa. “Selain itu kita akan membangun kordinasi dengan perusahan menggandeng Dana CSR sehingga target tercapai. Harapan Kita ini merupakan stimulant untuk menggerakan masyarakat di Desa,”Kata Edy.
Lanjutnya,”Khusus berkaitan dengan program Upsus pencapaian pangan 2 juta ton beras. Peran TNI mengawal pelaksanaan program itu, dengan mengerahkan 229 Babinsa Seluruh Kota dan Kabupaten Bima NTB  untuk mendukung program tersebut,”Ungkapnya.( Abd Rahim ) 


Post a Comment