Breaking News

Pemda Sumsel Gelar International Musi Triboatton 2015

Pemda Sumsel Gelar International Musi Triboatton 2015


Pemda Sumsel Gelar International Musi Triboatton 2015

Jakarta, Media Investigasi
         Untuk menjaga kelestarian Sungai Musi dan memperkenalkan potensi wisata Sumatera Selatan (Sumsel) ke dunia internasional serta membangkitkan semangat pengembangan olahraga air, Kemenpar bekerja sama dengan Pemprov Sumsel menggelar wisata olahraga (sport tourism) tahunan International Musi Triboatton (IMT) IV 2015 pada 12-19 Desember 2015.
    Musi Triboatton mengombinasikan olahraga air, yaitu arung jeram, kayak, dan perahu naga dengan tantangan yang variatif. Musi Triboatton juga mengajak peserta dari dalam dan luar negeri untuk mengarungi sungai sepanjang 500 km dan melihat keindahan bentang alam Sumsel. Garis start akan dimulai di Kota Pagaralam, kemudian menuju Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin. Garis finis terletak di Benteng Kuto Besak Kota Palembang.
         Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Pemprov Sumatera Selatan dan lima kabupatennya yaitu Palembang Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, dan Empat Lawang kembali menyelenggarakan event wisata olahraga IMT IV 2015 yang akan berlangsung pada 12 -19 Desember mendatang.
      Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan penyelenggaraan event tahunan International ini dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata Sumsel serta memperkenalkan Sungai Musi sebagai destinasi wisata minat khusus melalui kegiatan wisata olahraga (sport tourism) bertaraf internasional.
     "IMT 2015 merupakan paduan wisata penjelajahan atau penyusuran sungai dengan lomba dayung variatif menggunakan tiga jenis perahu yaitu river boat, kayak dan tradional boat racing (TBR), dan penyusuran bersama dengan Perahu Induk dari hulu ke hilir sepanjang 500 kilometer dengan lintasan berarus deras (white water) dan berarus tenang (flat water)," kata Arief di Jakarta, Rabu (11/11).
        Ia menambahkan dalam dua bulan November-Desember atau  akhir tahun ini Indonesia menyelenggarakan dua event internasional wisata minat khusus sungai yakni World Rafting Championship (WRC) 2015 di Sungai Citarik, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang akan diikuti 60 negara dan IMT IV 2015 sebagai lomba dayung dan penyusuran sungai Musi yang diikuti 15 tim dari dalam dan luar negeri.
        Arief menjelaskan Kegiatan IMT yang dilaksanakan sejak 2012 tersebut ada peningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumsel yang  tahun 2014 lalu sebanyak 3.406.830  wisatawan, terdiri atas wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 3.374.565 wisnus  dan wisatawan mancanegara (wisman) 32.365 wisman. Sementara itu tahun 2015 ditargetkan sebanyak 3.440.830 wisatawan dengan jumlah kunjungan wisman sebanyak 33.321 wisman.
    “Kegiatan  sport tourism ini akan mendatangkan wisman, yang akhir tahun ini kita harapkan akan melampaui target 10 juta wisman,” katanya.
       Sementara itu, Wakil Gubernur Ishak Mekki menjelaskan tujuan penyelenggaran IMT 2015 antara lain untuk memperkenalkan potensi pariwisata Sumsel melalui sport and tourism melalui sungai Musi sebagai wisata minat khusus.
       "Dukungan Kemenpar pada tahun ini diharapkan dapat menarik lebih banyak tim dan peserta yang turut serta dalam wisata olahraga mengarungi Sungai Musi ini," katanya.
      Ishak juga mengatakan dengan ada event olahraga ini Sungai Musi dan Sumsel dapat lebih dikenal dan menjadi salah satu potensi yang dimiliki pariwisata Indonesia untu event wisata olahraga bertaraf internasional. (ThressNo)


Post a Comment