Breaking News

269 Derah Mengikuti  Pilkada serentak

269 Derah Mengikuti Pilkada serentak




269 Derah Mengikuti  Pilkada serentak

Mamuju, Media Investigasi
Sebanyak 269 daerah mengelar pilkada serentak pertama di Indonesia pada Desember 2015. Pernyataan itu disampaikan Kalemdiklat Polri Komjen Pol Syafruddin Kambo di Mamuju, Senin (23/11/2015).
Komjen Pol. Syafruddin mengatakan penyelenggaraan pilkada serentak di Indonesia pada Desember mendatang di ikuti 269 daerah dan 852 paslon, baik Pasangan calon Gubernur, Pasangan Calon Bupati  dan Calon Walikota.
Untuk mengamankan pilkada di 269 daerah, Polri menurunkan  lebih 1,9 juta personil gabungan polri, TNI dan Linmas yang disebar di seluruh daerah. Jumlah personil tersebut, sama dengan jumlah personil pengamanan pilpres yang lalu atau dua per tiga dari kekuatan personil yang ada.
“kita turunkan dua per tiga kekuatan Polri, yang di kerahkan keseluruh daerah, dan di bantu TNI dan Linmas. Selain itu kita siagakan personil yang siap di terjunkan ke derah-daerah yang bermasalah pada pemilihan nanti,” ungkap Syafruddin.
Dia juga menyebutkan ada 49 daerah di Indonesia yang rawan konflik  pilkda termasuk Sulawesi Selatan. Karena itu pihaknya telah berkoordinasi dengan polda Sulselbar untuk  memetakan tempat-tempat rawan sekaligus mempersiapkan langkah-langkah jika terjadi konflik.
Ia pun menjelaskan  faktor yang memicu konflik penyelenggaraan pilkda yang lazim terjadi di Indonesia diantaranya  penyelenggara pemilu yang tidak netral, Dpt yang bermasalah, dan pembiayaan pemilu yang mahal.
“Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pilkada di Indonesia, kita ketehui bersama bahwa penyebab utama konflik pilkda jika penyelenggara tidak netral dan DPT bermasalah,” tutur Syafruddin.
Lanjut Syafruddin, bentuk-bentuk konflik pilkada yang terjadi selama ini diantanya, unjuk rasa yang berujung anarkis, aniaya terhadap penyelenggara, dan hinaan atau hasutan  antar tim yang berujung bentrok.
Untuk itu ia berpesan agar dalam menghadapi pilkada serentak mulai dari KPU, Panwas, dan pihak keamanan bisa menjalin kerjasama yang baik agar mampu mengantisipasi setiap masalah yang terjadi. (M. Said)


Post a Comment

Sorot

Peringatan Nuzulul Qur'an 1439 H di Polres Lam-Tim dengan Santuni Anak Yatim

Lampung Timur , (MI)- Hari Selasa 5 Juni 2018. Polres Lampung Timur mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Nuzulul ...