Bantuan Bibit Jagung Rugikan Petani Tikkao -->

Breaking news

Live
Loading...

Bantuan Bibit Jagung Rugikan Petani Tikkao

Thursday 24 December 2015

Bantuan Bibit Jagung Rugikan Petani Tikkao

Soppeng, Media Investigasi
Bantuan bibit Jagung Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng yang disalurkan di Kampung Tikkao Lingkungan Palakka Kelurahan Lalabata Rilau Kecamatan Lalabata musim tanam ini, ternyata sudah rusak dan tidak bisa digunakan atau kadaluarsa. 
"Tidak bisa hidup karena, Bibit termakan rayap, bahkan sangat merugikan masyarakat, karena menggaji penanam namun tidak bisa hidup," Kata Ketua LSM Metro Kaabupaten Soppeng Buhari Abu Selasa (15/12/2015). 
Lebih lanjut kata dia bahwa harusnya penyuluh menolak dan tidak menyalurkan bantuan bibit jagung yang bermasalah namun tetap saja disalurkan. 
Kemudian meminta kepenegak hukum untuk mengusut persoalan ini pasalnya masyarakat sudah dirugikan, betapa tidak pemilik kebun atau lahan yang ditanami mengeluarkan uang, mulai dari menggaji penanam, biaya persiapan lahan dan lainnya. 
"Biaya tanam kan 110 perorang selama satu hari, jadi kalau 10 maka jutaan, olehnya itu harus diusut oleh penegak hukum, ini sangat merugikan masyarakat," ungkapnya 
Data yang diperoleh  Kelompok Tani Mario Rennu yang mendapatkan bantuan jagung yang sudah tidak layak tanam, karena dimakan rayap (Cecco/ Bahasa Bugis) . 
Kulasse warga setempat mengatakan bahwa dirinya tidak menanam karena meragukan kualitas jagung apalagi tetangga kebun / sawah tidak hidup usai menanam. 
"Saya tidak menanam karena, jagungnya sudah tidak bagus," ungkapnya. (Bur-Anto)