Breaking News

Kerja Berat Menanti Andi Sukri dan Tommy Satria Yulianto

Kerja Berat Menanti Andi Sukri dan Tommy Satria Yulianto

Kerja Berat Menanti Andi Sukri dan Tommy Satria Yulianto

Bulukumba, Media Investigasi
Lima tahun terakhir ada perubahan, wajah Kota Bulukumba. Zainuddin Hasan telah  berbuat, menata kota, meski membangun desa belum tercipta  dan kesampaian. Ia  berhenti masa tugasnya, berakhir. Kini Dia Diganti  oleh mantan Bupati periode 2005 - 2010, yang bangkit kembali jadi nakhoda Buttapanrita lopi, berhasil memenangkan Pilkada 2015.  
      Bulukumba kian maju, penataan wajah kotanya terlihat bersih, dimulai pada saat tahun kelima, era pemerintahan Bupati Zainuddin  Hasan . Dia nakhodai Bulukumba sebagai Bupati ke 10 .  Gairahnya, membangun dan pula menata ruang  taman hijau. Segi perekonomian pun ditingkatkan, dengan memasukkan sejumalh bank-bank dalam lembaga pembiayan  (leasing )  yang buka  kantor cabang  di area  strategis warga perekonomian  dalam Kota Bulukumba.  
       Kini lembaga pembiayaan itu, kian  eksis maju dan berkembang. Membawa warna perubahan  segi ekonomi dalam  memberi kemudahan bagi warga  untuk  jasa  mengkredit barang, berupa motor dan kendaraan roda dua dan empat. Jumlah Lembaga Pembiayaan makin banyak, tecatat ada  18 kantor, jumlah  UKM pun meningkat, data dari kantor, Perdagangan dan Koperasi Kab Bulukumba, " UKM telah mencapai 303  unit, tersebar  di 10  kecamtan, dan dalam kota," ungkap A. Mahyuddin, Kadis Kop. P3 E Bulukumba, (23/12) lalu di kantornya.
     Mulanya Bulukumba dikenal awal    sebagai daerah  kabupaten yang terletak dibagian selatan . Terkenal  sebagai negeri agraris, penduduk sebagian besar kerja di bidang pertanian, karenanya dikenal sebagai pemasok perdagangan beras yang cukup maju. Kini kabupaten       itu, APBD nya meningkat drastis, dari  567 M naik jadi  Rp. 1,34 Triliun   APBD tahun 2016 yang baru saja ditetapkan oleh DPRD Bulukumba, di bawah Pimpinan A. Hamsah Pangki.
      Maju dan perkembangannya Kab. Bulukumba di bidang ekonomi, tidak dipungkiri dipelopri Bupati Zaidin dan Syamsudin Wakilnya, menorehkan catatan sejarah untuk  kemajuan negeri yang berjuluk "Butta Panritalopi"  itu. Bupati Zainuddin juga berjasa, menyelesaikan pembangunan Islamic Center, kini bernama IC. Datok Tiro yang berada di Kel. Bintarore Kec.Ujungbulu. Bangun Masjid itu, kini jadi ikon Bulukumba, disamping Tugu Kapal Phinisi yang berlayar di tengah kota, bundaran  jalan dekat kantor bupati.
      Kemajuan Bulukumba, menaikkan PAD dan APBD, yang signifikan, berlanjut perbaikan infrastruktur, dan penataan taman kota yang asri berbasis lingkungan yang bersih dan teratur . "Adalah PR  kerja untuk  laju pembangunan  oleh bupati terpilih nanti. Pula dia  harus  piawai jemput  bola dana anggaran dari pusat atau provinsi, untuk membangun visi ke depan," ungkap Sahiruddin Ances berpendapat.
     Ke depannya, jelas warga masyarakat Bulukumba itu, tetap berharap daerahnya lebih maju dan lebih terdepan.  Sejarah 9 Desember 2015  lalu, proses pergantian kepemimpinan, telah tercipta, itu  ditandai hasil  buah  pilkada dimana Paslon Nomor Urut Satu Tagline ST.215 unggul dan menang memperoleh  suara terbanyak dari rakyat pemilih.
      Kemajuan daerah  Bulukumba, sebagai  barometer kota Bisnis terdepan, telah digagas  H. Zainuddin Hasan, dua tahun lalu.  Kini ditangan nahkoda  baru, Andi Sukri dan Tommy Satria Yulianto. Mereka diharap      mampu dan pula bisa berbuat banyak mengantar Bulukumba unggul jadi kota terdepan yang lebih maju dan berjaya dikancah persaingan antar kabupaten. " Saya yakin ,  kerja upaya membangun Bulukumba, akan diciptakan pula, Andi Sukri, bila kelak sudah dilantik  memimpin Bulukumba," beber  Ammas pendukung setia nomor satu itu, dalam acara bincang di Kapsalon, Rabu lalu di Jl. St. Hasanuddin  Bulukumba.
       Banyak memang Kerja PR, akan dilakukan oleh Bupati terpilih nantinya, kerja mempertahankan  PAD dan meningkatkan terus APBD setiap tahun, merupakan agenda yang harus dicapai. Di sisi lain  Bupati  baru nanti, akan meneruskan kerja pembangunan taman Pasar Cekkeng di wilayah Ela-Ela Ujungbulu. Proyek itu, harus berlanjut dan diselesaikan pembangunannya.
     Di bidang pemerintahan, Bupati baru  nantinya, akan menata struktur SKPD, dengan menempatkan pejabat eselon dua sesuai kinerja dan bidang keahliannya," itu hal yang mutlak, harus ditata  dan dikerjakan Andi Sukri . Jajaran figur pejabat SKPD, harus dirombak dan diperbaiki," beber Andi  Nunding, SH, tim advokasi hukum  paslon ST.2015, di Warkop Dua TelloE, dalam acara bincang bahas pejabat eselon, yang dihadiri aktifis dan kalangan Akademisi itu.

       Namun, ada juga kerja proyek besar, menanti bupati baru yang akan dilantik tahun 2016 nanti. Proyek itu, di ungkap Gubernur  Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dalam  peresmian acara di  lapangan Pemuda Bulukumba, Syahrul mengatakan, Bulukumba siap, membangun Pelabuhan Udara ( Bandara ), " Dana dari pusat  dan Provinsi, sudah disetujui, siap-siaplah Bulukumba," ungkap Syahrul dalam arahannya, yang mendapat applaus meriah dari hadirin yang ada. ( Noer A. Rauf )
Post a Comment

Sorot

Peringatan Nuzulul Qur'an 1439 H di Polres Lam-Tim dengan Santuni Anak Yatim

Lampung Timur , (MI)- Hari Selasa 5 Juni 2018. Polres Lampung Timur mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Nuzulul ...