DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Aksi Unjuk Rasa IMAWER Kecam Camat Wera

Aksi Unjuk Rasa IMAWER Kecam Camat Wera


Aksi Unjuk Rasa IMAWER Kecam Camat Wera


Bima, Media Investigasi
Aksi Unjuk Rasa Kamis ( 14/1) di Kantor Camat Wera Kab. Bima, Ikatan Mahasiswa Wera ( IMAWER ) terkait tidak konsisten dan komitmen Pihak Camat Wera Terhadap SK No. 188.45/1074/005/2015 yang di keluarkan oleh Bupati Bima pada tannggal 04 Desember 2015 untuk salah satu PNS yang ada di kantor camat Wera a.n. MUHAMMAD, S.Sos.
Pukul 09.00 wita Massa aksi IMAWER berkumpul dan melakukan start di Dusun Lapana’e Desa Hidirasa Kec. Wera Kab. Bima dengan menggunakan satu unit R4 jenis pick up No.Pol : B 9824 CO warna Hitam menggunakan perangkat aksi berupa soundsystem, mesin diesel, pengeras suara, dan bendera dengan jumlah Massa aksi sebanyak 15 ( lima Belas ) orang sebagai korlap sdra. ANAS. Pada pukul 10.00 wita massa aksi tiba di Kantor Camat Wera Kab. Bima dan langsung melakukan orasi secara bergantian yang intinya :
·              Mengecam Camat Wera sebagai perpanjangan tangan Pemkab. Bima untuk menjalankan roda pemerintahan di tingkat Kec. Wera, ternyata tidak mampu menjunjung tinggi nilai – nilai kebenaran‎ dan keadilan sebagai pejabat yang memiliki hak dan kewenangan baik untuk menjalankan tugas seorang Camat selaku pimpinan maupun menjalankan haknya sebagai seoramg Camat dan tentunya dia harus memiliki sikap yang tegas, berprinsip dalam bertindak, konsisten dan komitmen dalam  menjalankan tugas dan kewenangan sehingga semuanya bisa mengambil kesimpulan dalam bertindak.
·              Namun faktanya kemudian mengatakan bahwa ternyata semua nol persen berdasarkan kasus yang kami amati di Desa yang ada di Kec. Wera yaitu di Desa Hidirasa Kec. Wera, maka kami yang tergabung dalam IMAWER Bima mendesak Camat Wera agar segera menempatkan PJS yang baru untuk menjadi PJS Desa Hidirasa, karena stelah kami mengkaji bahwa hingga saat ini belum sama sekali di fungsikan dengan alasan masyarakat menolak kehadiran orang lain selain dari Sekdes yang saat ini menjadi PJS Kades  yang lama yang bisa melanjutkan untuk menjadi PJS Kades Hidirasa, tapi perlu diketahui bahwa semua itu sangat konyol dan tidak rasional secara hukum dilakukan oleh Camat Wera, alasanya kenapa dikatakan konyol dan tidak rasional karena semua Sekdes yang ada di Kab. Bima dari 191 ( seratus sembila satu ) Desa bahwa Sekdes yang lama semua sudh ditarik secara serentak untuk bekerja di Kantor Camat, stelah itu Camat memiliki hak dan kewewenangan untuk mengeluarkan lalu mengajuka surat rekomendasi kepada salah satu PNS yang mengabdi di Kantor Camat Wera untuk menjadi PJS Kades Hidirasa Kec. Wera Kab. Bima.
Pada pukul 10.46 wita Camat Wera Drs. ISYRAH dan didampingi oleh Kapolsek Wera IPTU SUBAGYO menemui Massa aksi diatas R4 dan memberikan tanggapan antara lain :
·              Mengucapkan terimakasih kepada semua Mahasiswa khususnya IMAWER atas kegiatan aksi serta atas waktu dan kesempatan untuk menjelaskan terkait aspirasinya dan memohon ma’af kepada massa aksi bahwa kemarin pada hari Rabu tanggal 13 Januari 2016 tidak bisa menemui masa aksi karena pada hari itu sedang mengikuti rapat koordinasi di Kantor Pemkab. Bima terkait dengan kekeringan yang melanda Kab. Bima
·              Kemudian untuk mutasi PJS Kades Hidirasa itu semua melalui proses dimana prosesnya itu adalah turunnya SK Pemberhentian dari Bupati Bima terhadap PJS Kades Hidirasa yang lama, lalu Kemudian Camat Wera diminta untuk segera mengusulkan PJS Kades Hidirasa yang baru dari aparatur Pemerintah Kec. Wera, setelah itu saya mengusulkan salah satu PNS dari aparatur Pemerintah Kec. Wera a..n. MUHAMAD kepada Pemkab. Bima kemudian terbitlah SK No : 188.45/1074/005/2015 tanggal 04 Desember 2015 tentang Pemberhentian dengan hormat pejabat Kades dan pengangkatan pejabat Kades Hidirasa Kec. Wera Kab. Bima.
·              Selanjutnya Proses itu sedan berjalan dan hendak melakukan serah terima jabatan Kades Hidirasa namun sebelum dilakukan serah terima jabatan ada para Tomas, Toga Desa Hidirasa yang menghadap langsung atasan Asisten 1 Pemkab Bima, dengan tujuan menolak serah terima jabatan Kades Hidirasa dan pada saat itu Pula para Tomas dan Toga tersebut mengajukan surat penolakan serah terima jabatan Kades Hidirasa dan tetap menginginkan agar Sekdes Hidirasa sebagai PJS Kades Hidirsa yang lama diusulkan ulang untuk tetap menjadi PJS Kades Hidirasa hingga sampai selesai Pilkades Hidirasa dan sampai ada Kades Hidirasa terpilih.
·              Sehingga pada waktu itu untuk acara serah terima jabatan PJS Kades Hidirasa ditunda guna menghindari terjadinya keributan, bukan Camat Wera yang tidak menjalankan UU akan tetapi Tomas dan Toga Masyarakat Desa Hidirasa sendiri yang menolak, justru saya mengucapkan terimakasih kepada para massa aksi yang mungkin bisa mendorong UU ini dan hingga saat ini Tomas dan Toga Desa Hidirasa sedang melakukan musyawarah juga agar secepat mungkin PJS Kades Hidirasa dapat menjalankan roda pemerintahan tingkat Desa Hidirasa dan sudah ada info juga bahwa hasil mysyawarah Tomas dan Toga di Desa Hidirasa sudah membuahkan hasil untuk menerima PJS Kades Hidirasa yang baru yaitu sdra. MUHAMAD, hari ini juga saya akan memerintahkan sdra. MUHAMAD untuk segera menjalankan roda Pemerintahan di Desa Hidirasa, karena Kepala Pemerintahan itu tidak boleh kosong, apabila Kepala pemerintahan tingkat Desa Itu kosong maka semuanya akan pincang, karena Pemerintah Desa itu merupakan ujung tombak dalam pelayanan masyarakat sehingga semua kebutuhan masyarakat desa tidak terbengkalai akibat kekosongan PJS Kades Hidirasa Kec. Wera Kab. Bima.
Atas semua tanggapan dari Camat Wera tersebut massa aksi menerima dan massa aksi meminta kepada Camat Wera untuk menanda tangani surat pernyataan untuk segera mengisi kekosongan PJS Kades Hidirasa Kec. Wera Kab. Bima.
Pada pukul 11.51 Wita Camat Wera Drs. ISYRAH menandatangani surat pernyataan selanjutnya massa aksi membubarkan diri untuk menuju rumah masing – masing.
Menurut rilis Kabag Ops. Polres Bima Kota Kompol I Wayan Mundra, seluruh rangkaian kegiatan unjuk rasa dari IMAWER berakhir pada pukul 11.54 wita berjalan dengan aman dan tertib serta dilakukan pengamanan terbuka dan tertutup oleh Personil Polsek Wera yang dipimpin oleh Kapolsek Wera Iptu Subagyo.(Kader Usman, SE)







       


Post a Comment