DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai Merajalela Di Pelindo II

Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai Merajalela Di Pelindo II

Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai Merajalela Di Pelindo II

Surabaya, Media Investigasi
Waspadai aksi penipuan dengan modus rekrutmen mengatasnamakan perusahaan BUMN maupun Swasta yang kini marak terjadi. Meski teknologi informasi sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat saat ini, namun masih saja ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan aksi penipuan dengan mengatasnamakan manajemen PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), kata Edi Priyanto Kepala Humas Pelindo III.
“Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses penerimaan calon pegawai yang mengatasnamakan PT Pelindo III. Beberapa modus penipuan rekrutmen tersebut dijumpai diantaranya melakukan pemanggilan dengan membayar uang tertentu menggunakan jasa travel, selanjutnya ada juga dengan cara memberikan copy surat keputusan palsu dengan membayar uang tertentu kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dan modus-modus lainnya yang intinya adalah melakukan pungutan uang terhadap para calon korban,” ujar Edi.
“Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang terjadi, kami tegaskan bahwa Pelindo III tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi pegawai dan pelamar yang sedang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap berikutnya akan tetap dihubungi serta diundang secara resmi oleh Pelindo III. Apabila masyarakat menemui kejanggalan yang diduga bentuk  penipuan agar dapat melaporkan kepada humas perusahaan melalui email resminya : humas@pp3.co.id atau humas@pelindo.co.id,” kata Edi.
Pelindo III dan anak perusahaan dalam melaksanakan proses rekrutmen tidak pernah melakukan pemungutan biaya sepeserpun dengan alasan apapun. Pengumuman rekrutmen dan proses seleksi dilakukan secara terbuka melalui website resmi korporat yaitu www.pelindo.co.id.
Modus penipuan tersebut juga sering terjadi dibeberapa perusahaan ternama, yang sering kali terjadi adalah meminta untuk mentransfer sejumlah uang sebagai salah satu syarat pendaftaran dan kelulusan atau untuk pemesanan tiket dan akomodasi peserta yang lulus seleksi. Sering kali penipuan tidak memberikan calon korbannya waktu yang cukup lama untuk berfikir. Sehingga dalam rasa senang menanti kesempatan tersebut, bisa saja segera melakukan transfer.

Menyikapi hal itu Pelindo III turut prihatin atas kejadian tersebut, khusunya penggunaan email atas nama humas Pelindo III atau perusahaan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan cara tertentu. Oleh karena itu dihimbau masyarakat untuk lebih waspada dan melakukan konfirmasi terhadap pihak terkait mengenai kebenaran informasinya”, pungkas Edi.(Ryobi Icsan)
Post a Comment