Breaking News

ACEH; POTENSI KEMARITIMAN KURANG DUKUNGAN

ACEH; POTENSI KEMARITIMAN KURANG DUKUNGAN

Kurangnya dukungan potensi kemaritiman.

Simeulue,Aceh Media Investigasi- Laksamana (Purn) Dr.Marsetio,MM dan rombongan sebelum menuju pendopo Bupati Simeulue yang akan silaturahmi dengan unsur Forkompimda Simeulue terlebih dahulu menyerahkan buku Sea Power Indonesia dan Biografi kepada Komandan Pangkalan Angkatan Laut Simeulue Letkol Mar Idha Mohammad Basri di Beneng Resort seusai melakukan senam bersama, Rabu (01/02).

Rombongan tersebut yakni,Laksamana (Purn) Dr.Marsetio,M.M.(Mantan Kasal), Prof.DR.N Irwan Efendi Krtya (Tim V Dept Polhukam / anggota Tim Khusus Dasmin), Riswan (Staf), Reza Fahlevi, Ridwan (Ajudan), Khalidin Abdullah, Zunuwanis dan Imal (Swasta).

Sementara dari Unsur Forkopimda Simeulue yakni Sekretaris Daerah Simeulue, Drs.Naskah Bin Kamar, Wakil I Ketua DPRK Simeulue Ferdinan, Komandan Lanal Simeulue Letkol Mar Idha Mohammad Basri,SE beserta Perwira Staf Lanal Simeulue, Kasdim 0115 / Simeulue Mayor Inf Irwan,S.Pd, Kapolsek Simeulue Timur Iptu Bono, Kadis DKP Kabupaten Simeulue Ibrahim, Kabag Ekonomi Setdakab Simeulue Ferri Mahrizal, Kadis Pariwisata Simeulue Abdul Karim,S.Pd, Kepala Bappeda Kabupaten Simeulue, Ir.Ibnu Abas, Kadis Perhubungan Kab. Simeulue Narmiadin,S.Sos, Unsur Forkopimda Simeulue, Budi Darso,S.Pd dan Herman Hidayat,S.H (DPD KNPI Simeulue).

Sekretaris Daerah Kabupaten Simeulue Drs.Naskah Bin Kamar menyampaikan potensi diantaranya, Potensi kelautan dan perikanan, Potensi Pariwisata, Sektor Infrastuktur, yang akan disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan serta Kepala Dinas Pariwisata."Ucapnya.

Laksamana (Purn) Dr.Marsetio,M.M Memaparkan Presentasi Potensi Maritim diantaranya,"Sampai saat ini Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh belum menunjukan adanya kemajuan potensi kemaritiman disebabkan karena kurangnya dukungan yang maksimal dari pimpinan Pemerintah Daerah setempat."Terangnya.

Marsetio mengimbau,"Untuk dari itu perlu adanya terobosan dari instansi terkait maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Simeulue agar dibentuk suatu forum yang mengatasnamakan peduli akan potensi maritim di Kabupaten Simeulue."Imbaunya.

"Dalam waktu dekat ini saya menyarankan kepada Danlanal Simeulue untuk membentuk Forum Maritim di Kabupaten Simeulue yang terdiri dari berbagai unsur Pemerintah Daerah dan instansi terkait untuk dapat memberikan visi dan saran mengenai potensi maritim kedepan."Sarannya.

Marsetio juga menerima keluhan dari pemilik Resort / Penginapan yang di Kabupaten Simeulue, antaranya, Mengenai Website Kabupaten Simeulue agar mendapatkan data terbaru dari potensi pariwisata, khususnya Dinas Pariwisata agar dapat merangkul pemilik resort / wisma untuk dapat memberikan masukan demi pesatnya kunjungan wisatawan mancanegara maupun lokal yang datang berwisata ke Kabupaten Simeulue serta kesempatan pertama untuk memajukan Kabupaten Simeulue dalam aspek wisata di mulai dari alat trasportasi yang mudah dan cepat, dengan cara mendorong dinas terkait oleh Pimpinan Daerah untuk membuat surat permohonan yang dibutuhkan, misalnya Kepala Dinas Perhubungan membuat Surat yang dibutuhkan kepada Menteri Perhubungan mengenai dukungan radar bandara agar sewaktu cuaca buruk Pesawat tetap dapat landing di Kabupaten Simeulue serta perpanjangan landasan Bandara tersebut, dan Tentang bebas visa kunjungan kepada 169 negara dari 192 negara dari Perpres RI No. 21 tahun 2016 tentang bebas visa kunjungan."Ungkapnya.

Ada pun Pilar Kebijakan Maritim yaitu, Budaya Maritim, Sumber Daya Maritim, Infastruktur dan konektivitas Maritim, Diplomasi Maritim dan Pertahanan Maritim

"Potensi Maritim di Kabupaten Simeulue harus di eksplore dan di kembangkan antaranya, Potensi pariwisata, akses, perhubungan Udara, Potensi perikanan ekspor hasil laut, Potensi SDA perlu di eksplore, datangkan investor dan kemudahan layanan serta aparat birokrat yg melayani / tidak menghambat, buka website potensi daerah dan tawaran intensif yang menarik termasuk tawaran kemudahan perijinan dengan keterbukaan iklim investasi, Potensi Energi gali potensi energi alam dan terbarukan bekerja sama dengan BPPT dan lembaga ilmiah terkait lainnya termasuk perguruan tinggi pusat dan Daerah serta Sosialisasi kemaritiman kepada stake holder maritim terkait didaerah."Tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simeulue Abdul Karim,S.Pd mengatakan,"Kami sudah mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan potensi kemaritiman, diantaranya sudah dua kali pada tahun 2013 dan 2015 mengadakan lomba surfing yg diikuti oleh 14 Negara, Lomba Dragon Boat yang diikuti oleh peserta dari mancanegara."Terangnya.

Abdul Karim menyampaikan,"Akan tetapi kendala yang Perlu adanya kantor Imigrasi dimana agar mudahnya pengawasan dan laporan ke Imigrasi, serta Pimpinan Daerah khususnya Dinas Kesbangpol Sudah survei tiga kali akan tetapi belum terlaksana pembentukan Kantor Imigrasi di Kabupaten Simeulue."Tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Simeulue Narmiadin,S.Sos memberikan tanggapan yakni,"Surat sudah kami tujukan tetapi hanya ke Sekjend, Bandara Lasikin sudah kami ajukan perpanjangan landasan 440 meter, Alokasi cair Rp. 3.5 M dari Rp. 7 M, Perpanjangan landasan 300 meter, Jalur akses laut melaksanakan pembebasan lahan di Sibigo untuk pembuatan Pelabuhan Ferry karena jika Sibigo sampai Meulaboh hanya ditempuh 6 jam, sedangkan Sinabang sampai Meulaboh waktu 11 jam dan Pesawat Merpati gulung tikar karena kurangnya potensi yang ada di Kabupaten Simeulue."Tanggapannya.

Sementara itu,tanggapan dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Simeulue Ibrahim menyampaikan," Untuk keramba jaring apung (KJA) Kapal pengangkut ikan muatan 10 ton sampai saat ini belum cukup, Potensi dalam budidaya rumput laut yang ada di Kabupaten Simeulue khususnya Kecamatan Teupah Selatan susahnya pengepul / pembeli, oleh karena itu banyak keluhan yang dialami oleh masyarakat pembudidaya rumput laut dan dari hasil survey dalam tiga bulan masyarakat pembudidaya rumput laut bisa dapat menghasilkan 10 ton rumput laut."Ungkapnya.

Diakhir kunjungannya di Kabupaten Simeulue sebelum bertolak ke Kabupaten Bireuen, Laksamana (Purn) Dr.Marsetio,MM menyerahkan buku Sea Power Indonesia dan Biografi  kepada Pemerintah Daerah Kabupaten yang diterima oleh Sekretaris Daerah Drs.Naskah Bin Kamar dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan kepada Komandan Pangkalan Angkatan Laut Simeulue Letkol Mar Idha Mohammad Basri.

Editor: Rosyid. DLL
Post a Comment