Breaking News

TOUR DE FLORES: EXPLORE THE WONDERFUL LAN

TOUR DE FLORES: EXPLORE THE WONDERFUL LAN

Tour de Flores yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman.

Jakarta, Media Investigasi- Jelang gelaran Tour de Flores 2017 Menpar Arief  Yahya melaunching Tour de Flores yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman 5 Juli 2017.  Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur NTT, Benny Alexander Litelnoni, Staf Khusus Presiden, Gorries Mere, Anwar Puageno Ketua DPRD Prov. NTT, Bupati Manggarai, Deno Kamelus, Bupati Manggarai Barat, Agustinus CH, Agustinus Payung Boli, Wakil Bupati Flores Timur, Wakil Bupati Ende, Djafar H. Achmad, Chairman Tour de Flores, Primus Dorimulu, dan Djadi Rajagukguk.
       
Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata mengungkapkan "Sport Tourism itu media valuenya sangat tinggi, lebih tinggi daripada direct impact, jadi kalau mau menjual acara media valuenya harus sangat tinggi"
       
Menpar juga menjelaskan ilmu alokasi anggaran untuk mendapatkan media value terbaik, di antaranya adalah 50% dialokasikan untuk pre event, 30% on event, dan post event 20%.
   
Wagub NTT dalam sambutannya menyebutkan tujuan dari penyelenggaraan Tour de Flores adalah "Mendorong pembangunan dari pinggir, turut mensukseskan program pesona Indonesia, mendorong pembangunan Infrastruktur daerah". Wagub NTT juga menjelaskan dampak positif TdF dalam sambutannya "Tour de Flores memberikan dampak positif bagi pulau Flores, di antaranya adalah tereksposnya berbagai lokasi wisata yang ada di Pulau Flores, hal ini menyebabkan peningkatan Wisman dan Wisnus ke NTT"

Tour de Flores II yang akan dilaksanakan 10 - 21 Juli 2017 dan race akan dselenggarakan pada tanggal 14-18 Juli 2017, terbagi atas 6 Etape berawal dari Larantuka, melewati Maumere, Ende, Mbay (Nagekeo), Borong, Ruteng dan berakhir di Labuan Bajo.

Acara Tour de Flores akan dilengkapi kegiatan pendukung:
▪ Touring/Fun bike – mengikuti rute lomba dan keliling kota;
▪ Bazaar – pameran produk-produk budaya di bawah koordinasi Pemda;
▪ Pentas Musik;
▪ Atraksi Budaya;
▪ Kunjungan Destinasi Wisata – dikemas dalam paket-paket wisata;
▪ Lomba foto instagram untuk Pesona Flores/ Wonderful Flores;
▪ Lomba Selfi untuk Wonderful Land Best Spot.
     
Tour de Flores sebagai event pariwisata secara keseluruhan meliputi: Pre-event activities (kunjungan ke Kelimutu), main event (bike race & touring) dan post-event activities (wisata di Taman Nasional Komodo).
     
Khusus mengenai Labuan Bajo, Menpar menyampaikan laporan:
a. Atraksi: Penyusunan Master Plan Pariwisata TN Komodo, dinisiasi oleh Balai TN Komodo, tgl 12 Juni dilakukan uji publik pertama bersama stakeholder.
b. Akses: Pengalihan Pengelolaan Bandara dari UPT Kemenhub kepada AP1.
c. Amenitas: Hotel dan Marina yang dibangun oleh ASDP, Agustus 2018 sudah dapat digunakan, soft launching Juni 2018. Data pengajuan Homestay Labuan Bajo berjumlah 500 unit kamar, renovasi dan pembangunan baru.
d. Progres Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo-Flores sudah 100% selesai.

(Buyil)
Editor: Rosyid

Post a Comment

Sorot

Peringatan Nuzulul Qur'an 1439 H di Polres Lam-Tim dengan Santuni Anak Yatim

Lampung Timur , (MI)- Hari Selasa 5 Juni 2018. Polres Lampung Timur mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Nuzulul ...