SAYEMBARA DESAIN RESTORAN NUSANTARA 2017 -->

Breaking news

Live
Loading...

SAYEMBARA DESAIN RESTORAN NUSANTARA 2017

Friday 4 August 2017

Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017.

Jakarta, Media Investigasi- Menpar Arief Yahya didampingi pemilik PT Propan Raya Hendra Adidarma mengumumkan pelaksanaan "Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017" dengan total hadiah Rp 1 miliar. Penyelenggaraan sayembara hasil kerjasama Kemenpar, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan PT. Propan Raya ini untuk mendukung program Kemenpar dalam mengembangkan 10 destinasi pariwisata sebagai 'Bali Baru' seperti yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Sayembara Desain Restoran Nusantara ini dibuat untuk desain yang akan dijadikan Rujukan desain arsitektur nusantara bagi masyarakat dan investor dalam membangun Restoran di 10 Destinasi Pariwisata, dan hasil sayembara menjadi hak Kemenpar dan Bekraf", ungkap Menpar Arief Yahya.

Kesepuluh tujuan wisata ini; Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribudan Kota Tua (DKI Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo-Tengger-Semeru (JawaTimur), Mandalika (Lombok - NTB) , Labuan Bajo (Flores - NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku).

Hendra Adidarma mengatakan, sukses dengan sayembara desain arsitektur rumah wisata (homestay) nusantara tahun lalu, Propan kembali percaya lokasi sayembara desain restoran nusantara. "Salah satu amenitas yang dibutuhkan dalam pembangunan destinasi pariwisata, sebuah restoran selayaknya dapat memberikan kesan baik dari segi pelayanan maupun suasana ruangnya. Untuk itu desain harus memiliki kesan tersendiri dari segi interiornya. Kesan-kesan ini bisa dibuat pada elemen-elemen pembentuk dan pelengkap ruang yang merupakan unsur-unsur desain interior ", kata Hendra Adidarma.

Sementara itu Yuwono Imanto, Direktur Propan Raya juga selaku panitia pelaksana sayembara mengatakan, antusiasme peserta untuk mengikuti dalam Sayembara Desain Restoran Nusantara kali ini diharapkan dapat melebihi antusias peserta pada Sayembara Desain Homestay Nusantara tahun lalu yang merupakan Piagam Penghargaan Museum Rekor - Dunia Indonesia (MURI) Atas Rekor Sayembara Desain Arsitektur Rumah Wisata Nusantara dengan Karya Terbanyak.

Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 ini sangat terbuka bagi sarjana arsitektur, baik anggota IAI maupun bukan anggota IAI, baik perorangan maupun kelompok / tim. Sebanyak 30 finalis akan mendapatkan hadiah total Rp 1 miliar. Untuk pemenang hadiah pertama Rp 50 juta, pemenang kedua Rp 30 juta, dan tiga Rp 20 juta. Pendaftaran dapat dilakukan melalui alamat email arsitektur nusantara.propanraya.com.

Juri Kehormatan dalam sayembara ini antara lain Yori Antar (Arsitek Profesional), Eko Alvares (Arsitek Profesional), Hary Santosa Sungkari, Joko suyono (Praktisi dan Akademisi bidang restoran), Haryadi BS Sukamdani (Ketua Pengusaha Hotel) Dan Restoran), dan Frans Teguh (Kementerian Pariwisata).

Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 akan dilaksanakan pada bulan September 2017 di Jakarta, dalam rangkaian kegiatan Hari Pariwisata se-Dunia (Hari Pariwisata Sedunia) diperingati sebagai Hari Pariwisata Nasional.(tb/ki)