Breaking News

UPN Veteran Jakarta Mengadakan Kegiatan Riset Dan Pengabdian

UPN Veteran Jakarta Mengadakan Kegiatan Riset Dan Pengabdian

Dinas perikanan kabupaten pandeglang , Ir Andriawan saat menghadiri acara temu Dosen UPN  dengan para nelayan di hotel Karibia Pandeglang pekan ini.

Pandeglang, Media Investigasi- Universitas Pembangunan Nasional "Veteran " Jakarta, mengadakan kegiatan riset dan pengabdian kepada para nelayan yang ada di kabupaten Pandeglang, melalui koperasi nelayan. Nelayan yg berada di wilayah pandeglang mayoritas adalah kelompok nelayan kecil, khususnya yang ada di wilayah kecamatan Panimbang, Sukaresmi dan Labuan.

Sektor prikanan tangkap memberi kontribusi terbesar bagi pembangunan sektor perikanan secara keseluruhan dikarnakan potensi keberadaan ikan disekitar wilayah pesisir pandeglang cukup banyak, hal ini dikatakan kabid tangkap dinas perikanan kabupaten pandeglang , Ir Andriawan saat menghadiri acara temu Dosen UPN  dengan para nelayan di hotel Karibia Pandeglang pekan ini.

Kegiatan Pengabdian masyarakat yg dilakukan oleh para akademisi( Dosen)UPN " Veteran  " Jakarta merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian yg di lakukan oleh tim penelitian beberapa waktu lalu, berusaha untuk melakukan pendampingan kepada para nelayan yg tergabung dalam koperasi nelayan. kegiatan ini diketuai oleh DR.Kusumajanti.S.Sos.M.Si, dibidang ahli komunikasi, anggota tim pengabdian terdiri dari DR.Ni Putu Eka Wifiastuti,SE,M.Si,CSRS ahli dibidang Akuntansi, dan Asep Kamaluddin,S.Ag,M.Si pakar pengkajian startegis.

Berbagai masalah yg dapat diinventarisir sebagai berikut,(1) tidak adanya kepercayaan anggota terhadap pengurus (2)  kurangnya modal usaha koperasi (3) tidak transparasi terkait laporan keuangan koperasi (4) manajemen pengelolahan koperasi yg buruk (5) belum memiliki startegi yg tepat untuk mengelola koperasi berdasarkan kepercayaan anggota.

Berbagai masalah yang muncul di kelompok nelayan tradisional di bawah binaan dinas perikanan kabupaten pandeglang dapat diatasi dengan dilakukan pendampingan secara terus menerus oleh berbagai pihak ,seperti dinas terkait, akademisidan praktisi/pelaku usaha, pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Agustus-10 september 2017, selain itu kegiatan ini  diakhiri dengan melaksanakan studi banding ke koperasi unit desa ( KUD) Minakarya Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Koperasi yang telah berhasil menyelenggarakan lelang setiap hari dan manajemen yang sudah berjalan baik sera permodalan yang cukup besar dari kelompoknya sendiri. Ungkap ketua tim Kusumajanti. (red/gm)

Post a Comment

Sorot

Peringatan Nuzulul Qur'an 1439 H di Polres Lam-Tim dengan Santuni Anak Yatim

Lampung Timur , (MI)- Hari Selasa 5 Juni 2018. Polres Lampung Timur mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Nuzulul ...