Breaking News

Dragon Boat Race Di Gelar Di Sungai Carang

Dragon Boat Race Di Gelar Di Sungai Carang

Sebanyak 44 Tim Perahu Naga dari dalam dan luar negeri ikut serta dalam International Dragon Boat Race 2017 yang pembukaannya digelar di Sungai Carang.

Tanjungpinang, MEDIA INVESTIGASI.COM- Puluhan perahu naga atau "Dragon Boat" yang berasal dari dalam dan luar negeri berlaga dalam International Dragon Boat Race 2017 di Tanjungpinang dalam rangkaian Festival Bahari Kepri.

Sebanyak 44 Tim Perahu Naga dari dalam dan luar negeri ikut serta dalam International Dragon Boat Race 2017 yang pembukaannya digelar di Sungai Carang, Jembatan Engku Putri, Tanjungpinang, hari jumat,20-10-2017.

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan lomba itu digelar di Sungai Carang yang memiliki sejarah panjang dalam budaya Melayu.

Sungai itu merupakan aset Kota Tanjungpinang yang ditegaskannya harus dipelihara dan dimanfaatkan agar bisa memberikan sumbangsih bagi masyarakat Tanjungpinang khususnya melalui pariwisata. Oleh karena itulah, kata dia, Dragon Boat Race digelar di tempat itu.

"Kami berharap event ini mampu melahirkan atlet dayung dan kayak sekaligus meningkatkan kinerja pariwisata Kota Tanjungpinang dan menjadi destinasi wisata baru," katanya.

"Dragon Boat Race telah mengilhami beberapa daerah di Indonesia untuk melaksanakan lomba perahu naga bahkan di luar negeri yakni Republik Cheko melaksanakan Dragon Boat Race sejak 2009,tuturnya

Pihaknya juga berharap Dragon Boat Race mampu menjadi motivasi daerah lain di Kepri untuk merintis event yang menjadi daya tarik pariwisata.

"Dragon Boat Race tidak saja untuk pariwisata tapi melestarikan budaya yang telah berkembang sejak nenek moyang. Oleh karena itu kegiatan ini harus dikemas lebih menarik agar semakin diminati wisatawan," katanya.


Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono berharap panitia acara harus gencar mempromosikan iven tersebut, mulai dari media elektonik, cetak, atau pun memasang baliho di berbagai tempat. Tujuannya adalah untuk menarik pengunjung untuk datang ke Tanjungpinang. Apalagi acara ini akan diikuti oleh kontingen kabupaten/ kota lainnya di Nusantara dan juga ada dari negara Singapura dan Malaysia.

"Sehingga tak hanya orang Tanjungpinang saja yang tahu," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Reny Yusnely menambahkan, Festival Bahari Kepri akan ada beberapa rangkaian kegiatan, seperti lomba perahu naga, lomba kayak, pawai budaya, dan mobil hias.
(mi/sp)

Post a Comment

Sorot

Peringatan Nuzulul Qur'an 1439 H di Polres Lam-Tim dengan Santuni Anak Yatim

Lampung Timur , (MI)- Hari Selasa 5 Juni 2018. Polres Lampung Timur mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Nuzulul ...