DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Siswa Candle Tree Shcool Juarai WSE Championship 2017

Siswa Candle Tree Shcool Juarai WSE Championship 2017

Bumi Satria Pandawa, Crystal Emily, dan Sheryl Giovanni, nama siswanya dan merupakan siswa SMA kelas X, dan XI, mengalahkan banyak siswa pesaing melalui tiga tahapan hingga akhirnya menjadi juara nasional dengan mengalahkan perwakilan dari 12 kota di Indonesia pada tahapan ke empat.

Tangsel, MEDIA INVESTIGASICOM-
Sekolah Candle Tree yang beralamat di Jalan Jati No. 1, Jelupang, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) perkenalkan siswanya yang berhasil mengantongi Juara Nasional presentasi program dalam Wall Street English (WSE) Championship 2017 yang diadakan pada tanggal 21 Oktober 2017 lalu, di Mall Kasablanca Jakarta Selatan.


Bumi Satria Pandawa, Crystal Emily, dan Sheryl Giovanni, nama siswanya dan merupakan siswa SMA kelas X, dan XI, mengalahkan banyak siswa pesaing melalui tiga tahapan hingga akhirnya menjadi juara nasional dengan mengalahkan perwakilan dari 12 kota di Indonesia pada tahapan ke empat.


"Dalam final itu, kita harus presentasi tentang hasil riset mengenai program yang berkaitan dengan pengembangan bahasa Inggris di Indonesia,” tutur ketiga siswa tersebut, saat pembukaan di acara sekolah yang diikuti siswa SD hingga SMA bertema SPECTRUM warna-warni persatuan, 26-28 Oktober 2017.


Diuraikannya, lomba pada tahap pertama berupa Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL (ujian kemampuan berbahasa Inggris) dan Interview Bersama para siswa dengan materi vocabulary, Grammar, reading, di WSE  Mall Alam Sutera. Saat tahap kedua, tingkat kesulitan materi pun semakin tinggi. Mereka diujikan kembali seputar vocabulary, grammar, reading dan listening. Selanjutnya tahap ketiga, materi tes disusun semacam cerdas-cermat dengan dialog penuh berbahasa Inggris.


Dan pada tahapan akhir, untuk memperebutkan hadiah tiket Pulang-Pergi serta akomodasi ke Hongkong selama tiga hari, materi perlombaan mengharuskan para peserta yang terbagi dalam 12 grup untuk mempresentasikan program yang berkaitan dengan upaya peningkatan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia.


Terlibat dalam lomba tersebut team CTS (SMA Candle Tree) yang terdiri dari Coordinator bahasa Inggris CTS Stephanie, dan guru bahasa Inggris, Teddy, dan Martha.


Stefanie mengatakan, bahwa tahap yang keempat, formatnya adalah presentasi program. "Siswa kami diminta memerankan Menteri Pendidikan Nasional serta memaparkan program agar kualitas pengajaran bahasa Inggris di Indonesia dapat lebih baik.


Dia juga bertugas mendampingi ke tiga siswanya itu untuk melakukan riset. Berbagai permasalahan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia terus didata. "Hasil kesimpulannya, kesadaran yang minim tentang pentingnya bahasa Inggris menjadi faktor permasalahan utama, lalu kami mencari data-data untuk mendukung pendapat itu, dan memilih untuk menggunakan data dari British Council,” katanya.


Setelah semua materi siap, mereka berlatih keras selama 2 hari, dan kemudian mereka bertarung di babak Grand final, memaparkan program itu menggunakan bahasa Inggris. Akhirnya semua perjuangan mereka ada hasil, dengan meraih juara nasional.


Masih di lokasi yang sama, Martha mengatakan, bahwa sebelum mengikuti kompetisi tersebut, siswa terlebih dahulu mengikuti tahapan seleksi.


“Ya, untuk tahapan proses seleksi nya ada placement test seperti Toelf (ujian kemampuan berbahasa Inggris) dan wawancara per siswa, dari situlah kami mendapatkan siswa untuk mengikuti WSE," tukasnya sembari memperkenalkan pula Juara 3 tingkat Tangerang( Brave Zephania, Erick Gennady, Andrew Franklin).

SPECTRUM warna warni dalam Persatuan.

Sesuai filosofi negara Kesatuan RI dengan beragam suku, budaya, adat istiadat yang jumlahnya ratusan ribu. Perbedaan-perbedaan tersebut akhirnya dimaksudkan Sekolah Candle Tree dirangkai dalam kemasan berbagai macam lomba tingkat SD hingga SMA yang pesertanya juga dari beberapa sekolah di luar Candle Tree.

Penyelenggaraan pertandingan yang melibatkan siswa SD, SMP, SMA ini baru pertama kalinya.


Kepala Sekolah Candle Tree, Siprianus Peren, berharap ajang ini bisa sungguh-sungguh mendukung kebersamaan untuk mendorong persahabatan. "Dalam pertandingan ada yang menang adapula yang kalah, tetapi itu bukan tujuan kita," ujarnya. Tujuan dimaksudkannya agar para siswa dari sekolah-sekolah yang berbeda saling mengenal, agar kedepannya bisa berteman, bersahabat, dan lebih jauh bisa bekerjasama untuk kebaikan. Penyampaian terimakasihnya juga diucapkan kepada panitia yang didukung para guru, dan para sponsor.(Sg/Br)
Post a Comment