DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Pemilihan Ketua Bumdes Desa Sarang Tiung Melalui Voting

Pemilihan Ketua Bumdes Desa Sarang Tiung Melalui Voting

Kal-Sel, Kotabaru (MI)- Dalam pelaksanaan pemilihan Ketua BUNDES untuk Desa Sarang Tiung, dihadiri Kadis DPMPD dalam hal ini, diwakili Kabid Hairil Effendi. S. Sos Camat Pulau Laut Utara pun diwakili Sekcam Bakhri. M. Pd. Suriansyah. SE. Saefudin. S. Pd. Kades Sarang Tiung Muhammad Yohanis beserta seluruh perangkatnya Ketua BPD, pengurus PKK serta tokoh masyarakat, Tokoh Agama. dan 12 Perangkat RT serta Kepala Dusun dan masyarakat dari RT 1 s/d RT 12.

Pemilihan Ketua Bumdes Desa Sarang Tiung Melalui Voting.

Sebelum acara pemilihan Ketua Bumdes dilaksanakan, Kabid DPMPD Hairil Effendi. S. Sos memberikan Pencerahan terkait BUMDES, karena mana semua ini erat kaitannya dengan Dana Desa yang dikucurkan pemerintah pusat keseluruh wilayah Indonesia, utamanya keseluruhan pemerintahan Desa yang ada di Indonesia. Ada tiga hal yang mendasari bila sudah terbentuk BUMDES ini, antara lain menjalankan roda Ekonomi yang ada, dimana BUMDES disetiap Desa
sudah terbentuk dan juga untuk
pembayaran gajih pengurus serta untuk kepentingan sosial lainnya demikian yang sempat diterima oleh Media Investigasi sewaktu sebelum terbentuknya Ketua BUMDES di Kantor Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

Dengan alotnya pemilihan tersebut ini menambah suasana semakin riuh, pemilihan dipimpin langsung Muhammad Yohanis Kades dari Desa Sarang Tiung.
Akhirnya H. Ahmad terpilih mengalahkan 2 pesaingnya. Hasil konfirmasi dengan ketua BUMDES terpilih mengatakan, "dengan langkah awal setelah terpilih ia akan melakukan sosialisasi bersama dengan pembina Bumdes dalam hal ini Muhammad Yohanis yaitu sebagai Kepala Desa Sarang Tiung dan juga bersama seluruh anggota BPD Desa" ujarnya.

BACA JUGA: Pemda Kotabaru Peringati Maulid Nabi Muhammad. SWA bersama Habib Novel


"Juga ia akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak Perusahaan yang ada di Desa Sarang Tiung. Serta akan mencoba mencari terobosan baru bersama para Pengusaha Ikan yang ada di Desa Sarang Tiung karena mana Masyarakat yang ada disini rata-rata bertempat tinggal tepi Laut atau Pesisir. Salah satu yang amat Dominan untuk Bumdes yaitu akan mencoba bekerjasama dengan pihak Angkutan yang ada di Desa" imbuhnya.

Terkait masalah langkah awal untuk Bumdes itu H. Ahmad menambahkan, "di Desa Sarang Tiung masyarakatnya nelayan, ini akan dicoba membuat Krupuk dari Ikan dan juga Amplang, dan tidak mungkin menutup mata kedepannya juga sudah tentu akan mengembangkan pariwisata" ucapnya.

Disinggung harapan kedepannya. Sarang Tiung kan baru pertama kali terbentuk BUMDES, dengan terbentuknya BUMDES ini lapangan pekerjaan masyarakat Desa Sarang Tiung semakin mudah dari yang sebelumnya.


Media Investigasi pun minta penjelasan kepala Desa Muhammad Yohanis, selaku Pembina BUMDES yang ada di Desa Sarang Tiung, "harapannya kedepan dengan terpilihnya H. Ahmad ini, benar-benar bisa dan mampu membawa perubahan karena mana pemilihan ini dilakukan bersama dan mulai dari RT.01 s/d RT.12 serta Kadusnya hadir semua, dan bahkan kita libatkan PKK yang adapun hadir bersama Anggota Majlis Ta'lim Tokoh Masyarakat dan Pemuda" kata Kades.

Pesannya pada ketua terpilih sebelum dilaksanakan pemilihan Ketua BUMDES, "jauh hari undangan sudah disampaikan masing-masing 1 undangan itu membawa 4 orang anggota masyarakatnya yang ada di masing-masing RT. dan ini bisa berjalan dengan baik apa yang diinginkan masyarakat itu tadi" tukasnya.

(MI/bdn)
Post a Comment