Breaking News

Syahrudin buka, Upacara Adat Tasyakuran Laut para Nelayan

Syahrudin buka, Upacara Adat Tasyakuran Laut para Nelayan


LABUHAN MARINGGAI (MI)- Tak kurang dari tujuh ratusan orang hadir tatkala Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera membuka acara Tasyakuran Laut dan Nadran yang di selenggarakan di Desa Muara Gading Mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur, Senin (30/04/2018).

Upacara Adat para nelayan di sepanjang pesisir laut yang bertujuan untuk mensyukuri hasil tangkapan ikan, dan mengharap peningkatan hasil pada tahun mendatang tersebut di hadiri pula oleh Dir Polair Polda Lampung, Kombes Pol. Rudi Hermanto, S. IK dan AKBP. Reza Falevi mewakili Kapolda  Lampung, serta Kepala Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Oktovia Hafid.

Hadir pula pada kesempatan itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Tarmizi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Junaidi, Asisten Bidang Administrasi Umum, Wan Ruslan, Pabung 0411/LT. Mayor Kav. Joko Subroto, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, M.Tohir Hanafi, Camat Labuhan Maringgai, Ismail, Kapolsek Labuhan Maringgai, Kompol. Effendi Koto, Danramil Labuhan Maringgai, Kapten Inf. Sugiyanto, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sebagai kabupaten yang paling timur di Provinsi Lampung,  Kabupaten Lampung Timur memiliki laut yang cukup luas dengan kadungan potensi yang luar biasa berupa ikan, terumbu karang, rumput laut, hutan bakau, dan lainnya yang dapat menjadi alternatif bagi sumberdaya di daratan yang sudah semakin terbatas.

Oleh karenanya, tasyakuran laut selain bertujuan untuk mengingat kembali tentang jati diri Bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari juga sebagai wujud rasa syukur atas limpahan karunia dan nikmat dari Allah SWT karena semakin melimpahnya sumber kekayaan laut yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam sambutannya Syahrudin Putera mengatakan, “kita semua harus selalu menjaga laut kita dan keanekaragaman hayati di dalamnya  sehingga dapat memberikan manfaat untuk kita, jangan kita rusak laut kita, jangan kita kotori laut kita karena apapun perlakuan yang kita lakukan terhadap alam ini itulah yang akan diberikan alam untuk kita”.

Peringatan tasyakuran laut yang disebut juga sebagai pesta laut ini untuk di Kabupaten Lampung Timur telah menjadi sebuah tradisi yang dengan bersamaan peringatan Hari Ulang Tahun Desa Muara Gading Mas Ke 36 dan juga merupakan salah satu dari rangkaian dari 101 Kalender Event Wisata 2018 Kabupaten Lampung Timur.


Rangkaian acara tasyakuran ini dimulai dari tanggal 19 maret hingga puncaknya dilaksanakan pada 30 april yang nantinya akan ditutup dengan pengajian akbar. Adapun kegiatan-kegiatan lain yang diadakan pada acara tersebut ialah, lomba masak ikan, dan lomba membuat nasi tumpeng. (Indra)

Tasyakuran laut selain bertujuan untuk mengingat kembali tentang jati diri Bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari juga sebagai wujud rasa syukur atas limpahan karunia dan nikmat dari Allah SWT.

Post a Comment