Gubernur Sugianto ungkapkan kekesalan pada Pemerintah Pusat, saat sambutan penyerahan DIPA -->

Breaking news

Live
Loading...

Gubernur Sugianto ungkapkan kekesalan pada Pemerintah Pusat, saat sambutan penyerahan DIPA

Tuesday 18 December 2018


Palangka Raya, (MI) - Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran kesal dengan pemerintah pusat yang dinilai tidak berpihak kepada daerah, bahkan pemerintah pusat dinilai mempersulit pemerintah daerah untuk maju.

Ini diungkapkan, Gubernur Sugianto, sembari meneteskan air mata, saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dari Gubernur Kalteng ke Bupati dan Wali Kota se Kalteng di Istana Isen Mulang, Senin (17/12/2018) yang dihadiri juga oleh kepala dinas dan instansi.

Gubernur menilai, selama ini dia berjuang, untuk membangun daerah bukan kepentingan pribadi sudah dan untuk memajukan Provinsi Kalimantan Tengah, sehingga dia bertanggungjawab untuk kemajuan Kalteng, selayaknya didukung.

"Kami ingin mengajukan otonomi khusus (Otsus) sama seperti daerah lainnya yang maju, sehingga tidak tertinggal, karena Kalteng punya potensi sumber daya alam yang banyak, namun belum bisa dinikmati oleh warga Kalteng, ini sangat memprihatinkan," ujarnya.

Gubernur Sugianto, menegaskan, pihaknya tetap akan berjuang untuk melanjutkan pungutan pihak ketiga meski banyak tantangannya."Ini untuk kepentingan daerah, saya ingin Kalteng ini maju, ini yang diperjuangkan, selayaknya ini didukung penuh," ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua Komisi B Bidang Pertambangan, Perkebunan, Kehutanan, DPRD Kalteng, HM Asera, mengatakan, berdasarkan hasil rapat DPRD Kalteng yang lalu, soal pungutan pihak ketiga tersebut pergub dan perda akan dikonsultasikan kembali kepada pusat."Jika aturan Pergub dan Perda melanggar, maka kami akan membatalkan aturan tersebut," ujarnya. (Anung)