HUT  Resimen Armed 2/1 Kostrad Ke-55 Gelar Karya Bhakti

HUT Resimen Armed 2/1 Kostrad Ke-55 Gelar Karya Bhakti

Foto: anggota TNI dari Resimen Armed 2/1 Kostrad, pelajar SMKN 3 Linggabuana Purwakarta, dan masyarakat tengah membersihkan taman makam pahlawan. 

PURWAKARTA, (MI) - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Resimen Armed 2/1 Kostrad Ke-55, jajaran Resimen Armed 2 /1 Kostrad menggelar berbagai kegiatan, salahsatunya iya membersihkan Taman Makam Pahlawan Sirna Raga, Kabupaten Purwakarta.Sabtu (26/01/2019).

Tampak terlihat anggota TNI dan para pelajar membabad habis rumput-rumput liar yang tumbuh di bagian dalam hingga luar pemakaman tersebut.

Satu persatu makam dibersihkan dengan mencabuti rumput yang terlihat tinggi dan menyapu dedaunan kering yang berserakan.

Beberapa prajurit dan siswa-siswi dari SMKN 3 Linggabuana terlihat mencabuti rumput menggunakan tangan dan ada juga yang menggunakan mesin pemotong rumput.

Sementara sebagian prajurit lainnya tampak memunguti sampah yang berserakan ke dalam kantung plastik hitam berukuran cukup besar.

Danmen Armed 2/1 Kostrad, Kolonel Arm Yuniar Dwi Hantono melalui Kasi Teritorial, Mayor Arm Tri Murwanto, mengatakan karya bhakti itu sebagai bentuk penghormatan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Diharapkan para pahlawan yang dimakamkan di TMP Sirna Raga Kabupaten Purwakarta ini dijadikan suri tauladan oleh seluruh prajurit TNI Resimen Armed 2/1 Kostrad ," kata Tri saat ditemui usai kegiatan.

Tri menambahkan, karya bhakti membersihkan taman makam pahlawan ini juga mengajarkan kepada para siswa-siswi dan masyarakat yang ikut berpartisipasi, untuk menghargai serta menghormati jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. 

Ia menjelaskan, selain anggota TNI, turut berpartisipasi dalam kerja bakti tersebut dari kalangan pelajar, Polri dan masyarakat.

"Bersih-bersih taman makam pahlawan ini sebagai bentuk wujud penghormatan dan kepedulian prajurit TNI sekaligus untuk menjaga kebersihan. Tadi juga masyarakat pun ikut juga membersihkan sampah dan merapikan makam," pungkasnya. [Dede]