DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Polres Melawi Gelar Rakor Linsek Liong Kapuas 2019 Bersama Tokoh masyarakat dan Instansi Terkait

Polres Melawi Gelar Rakor Linsek Liong Kapuas 2019 Bersama Tokoh masyarakat dan Instansi Terkait


Melawi, (MI)- Menjelang pelaksanaan tahun baru Imlek 2570 dan Cap Go Meh  Polres Melawi melaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) dengan instansi terkait di Aula Tri Brata Mapolres Melawi, Kamis (31/1/2019) pagi. 

Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan Sandi “Liong Kapuas 2019” merupakan Operasi Kepolisian yang dilaksanakan untuk perisapan pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2570 tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 05 Februari 2019.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si dengan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Melawi, Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom, para Kabag, Kasat dan Kasi Polres Melawi, Kapolsek Jajaran,  para Tokoh Masyarakat, Panpel kegiatan, Ketua Pekong, Ketua Vihara, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 Wib ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan doa. Selanjutnya adalah sambutan dari Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si. Dalam sambutannya Ia mengatakan Rakor ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dalam tugas pokok masing-masing, sudah sampai mana kesiapannya. Rakor ini melibatkan lintas sektoral karena dalam menjelang pelaksanaan tahun baru Imlek  dan Cap Go Meh selalu terjadi lonjakan barang dan orang maka dari itu perlu koordinasi lintas sektoral. Ia juga menambahkan bahwa operasi ini berlangsung selama 17 hari.

“Operasi Liong Kapuas 2019” adalah Operasi besar, dikoordinasikan dengan baik, baik dari pihak panitia, Polisi, maupun tokoh – tokoh lainnya beserta instansi terkait bersenergi untuk mensukseskam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2570 tahun 2019 ini. Operasi ini bagian dari manajemen, silakan laksanakan dengan baik, apabila ada perubahan dalam kegiatan dikomunikasikan dengan baik, baik dari panitia maupun instansi terkait. Lakukan 4 C dalam “Operasi Liong Kapuas 2019” yaitu  cek, ricek, kroscek dan final cek, demi kelancaran daripada Operasi ini,” tutur Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin.

Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom menyarankan kepada Pihak Panitia agar estimasi jumlah Naga dan Tatung serta massa khususnya dari rombongan atau undangan disampaikan kepada Polres Melawi agar dapat mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan serta menyarankan kepada Pihak Panitia terkait kelibatan budaya - budaya lain agar tidak menghadirkan simbol-simbol agama untuk menghindari terjadinya polemik, ucapnya.

Berikutnya adalah pemaparan dari Kabag Ops (Kepala Bagian Operasi) AKP Sofyan yang memaparkan tentang timeline operasi dan sasaran pengamanan.  Ia juga meminta detail kegiatan dari panitia pelaksana Imlek dan Cap Go Meh baik yang di tingkat Kabupaten Kota maupun ditingkat Kecamatan, akan dikoordinasikan lebih lanjut bersama panitia setelah selesai Rakor Linsek ini, katanya.

“Target utama daripada “Operasi Liong Kapuas 2019” ini adalah untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas, agar seluruh umat baik yang melaksanakan maupun hanya sekedar menonton merasakan keamanan dan kenyamanan selama kegiatan Imlek dan Cap Go Meh ini. Harapannya jangan sampai timbul masalah atau kejadian menonjol lainnya, oleh sebab itu perlu perhatian dan keseriusan seluruh instansi yang ada untuk mendukung kelancaran “Ops Liong Kapuas 2019” ini, jelasnya.

Bupati Melawi diwakili oleh Kepala DPMPD Kabupaten Melawi Drs. H. Junaidi, M.Ap. Ia mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) ini penting untuk dilaksanakan, perlu dilakukan berbagai macam persiapan agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan selama acara berlangsung. Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi sangat mendukung pelaksanaan “Operasi Liong Kapuas 2019” serta ikut berperan dalam menyukseskan Imlek dan Cap Go Meh ini. Menjelang Imlek harus diperhatikan juga ketersediaan 9 bahan pokok di Kabupaten Melawi ini. “Jangan sampai ada oknum yang melakukan propaganda untuk kepentingan pribadi atau kelompok,” sampainya.

Tamu undangan yang hadir semuanya kompak mengatakan siap mendukung dan bekerjasama dalam menyukseskan dibidang keamanan dan ketertiban pada “Operasi Liong Kapuas 2019 ini. Pada akhir kegiatan ada sesi foto bersama seluruh Forkopimda yang hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral tersebut.( Frans / JH )