Baca konten viral kami di BABE

DESKRIPSI GAMBAR    
Satbinmas Polres Melawi Cek Kesiapsiagaaan Satpam saat Bertugas, Penjabaran Perkap Nomor 24 Tahun 2007

Satbinmas Polres Melawi Cek Kesiapsiagaaan Satpam saat Bertugas, Penjabaran Perkap Nomor 24 Tahun 2007


Melawi Kalbar (MI)- Untuk mewujudkan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Melawi, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Melawi melaksanakan pengecekan kesiapsiagaan Satpam dalam melaksanakan tugas sehari-harinya di Bank - Bank yang ada di Kota Juang Nanga Pinoh, Selasa (29/1/2019) siang.

Kegiatan pengecekan kesiapsiagaan satpam dilakukan oleh PS. Kanit Binkamsa Sat Binmas Bripka Supar'am dan PS. Kaur Mintu Sat Binmas Polres Melawi Brigadir Ngadino diantaranya mengecek kelangkapan administrasi (KTA Satpam dan Senpi Satpam), sikap tampang, perlengkapan perorangan serta kelangkapan adminstrasi termasuk buku mutasi dan alat penunjang keamanan lainnya.

Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Melawi Bripka Supar'am juga memberikan pesan untuk selalu profesional dalam tugas, serta berhati – hati dan selalu waspada.

”Saat melaksanakan jaga harus tetap waspada serta selalu peduli terhadap situasi dan kondisi disekitar lingkungan yang menjadi objek jaga, berikanlah pelayanan yang prima terhadap Nasabah agar  keamanan, kenyamanan dirasakan oleh seluruh masyarakat (Nasabah)”, tuturnya.

Polri dan security (satpam) ibarat sebuah mata uang koin yang selalu berhubungan dan berkoordinasi dalam tugas. Satpam merupakan unsur pembantu Polri dalam bidang keamanan dan ketertiban dibidang penegakan hukum dan “Security Mindedness” dalam lingkungan kerja.

“Berikan pelayanan prima kepada user sehingga kita bekerja dapat maksimal dan mendapatkan hasil maksimal juga buat keluarga”, ungkapnya.

Lanjutnya, Pedomani SOP mengenai keamanan, Janji Satpam, Prinsip – prinsip Penuntun Satuan Pengamanan yang semuanya itu merupakan pedoman kerja dan pegangan hidup Satuan Keamanan (Satpam).

“Berpenampilan yang baik, tunjukkan kita punya profesionalitas kerja yang tinggi”, tegasnya.

Dilain tempat Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si  melalui Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun memberikan penjelasan tentang kegiatan yang dilakukan Anggotanya dalam hal pengecekan kesiapsiagaan dari Satuan Pengamanan (Satpam).

"Ia, ini memang tugas Kepolisian untuk melakukan pembinaan terhadap Satpam (Satuan Pengamanan) secaras khusus satuan fungsi (Satfung) Sat Binmas dikedepankan dalam pembinaan dan pelatihan Satpam.

"Melalui Kanit Binkamsa melakukan pengecekan secara rutin terhadap satuan pengamanan yang ada di Kabupaten Melawi ini diantaranya memberikan penjelasan tentang tugas pokok Satpam dan memberikan pembinaan serta pelatihan secara rutin, agar dalam pelaksanaan tugas Satpam dapat bersikap profesional", katanya.

"Melakukan pengecekan kelengkapan perorangan serta memberikan pengetahuan tentang pentingnya penulisan setiap menit ataupun jam situasi yang terjadi dalam buku mutasi untuk pertanggung jawaban dalam pelaksanaan tugas kedepannya," jelasnya.

"Periksa setiap tamu maupun kendaraan yang keluar masuk lingkungan obyek pengamamanan dengan mengedepankan 3 S (senyum, sapa dan salam). Hal tersebut merupakan penjabaran Perkap Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajeman Pengamanan Organisasi  Perusahaan, Instansi dan Lembaga Pemerintah," sampainya.

"Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, seorang petugas Satpam yang profesional wajib memahami tugas pokok, fungsi dan peranan Satpam. Dimana akhirnya seorang satpam mampu menjalankan tugas dengan baik dan mampu membantu penegakan peraturan yang berlaku," tambahnya.(JH/Frans)