DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

LSM Gipak; Kondisikan 5 Persen Dana BOS Dasar Hukumnya Wajib di Pertanyakan

LSM Gipak; Kondisikan 5 Persen Dana BOS Dasar Hukumnya Wajib di Pertanyakan


Lampung Timur, (MI)- Menyikapi ada dugaan pengkoodisian dana BOS 5 persen untuk iklan di 5 media, ketua LSM Gipak memberikan komentarnya, (10/02).

Berdasarkan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 3 tahun 2019 tentang petunjuk teknis bantuan operasional sekolah reguler  pada aturan  poin B komponen pembiayaan BOS pada tingkat Sekolah Dasar, tidak ada aturannya yg mengarahkan penggunaan 5%dana BOS untuk publikasi/langganan koran. Yang di perbolehkan untuk publikasi dan langganan koran adalah komponen penggunaan dana BOS  SMA itupun tidak di sebutkan 5%.

Jadi jika memang ada kepala sekolah atau lembaga pendidikan sekolah dasar yang sudah mengadakan perjanjian atau MOU dengan pihak-pihak yg mengondisikan dana BOS sebesar 5% untuk publikasi maka wajib di tanya dasar hukum dan aturannya, atau baiknya hal tersebut di konfirmasi kan kepada kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Lampung timur selaku penanggungjawab dan penandatangan NPH dana BOS di kabupaten Lampung Timur.

Diharapkan permasalahan ini, bisa segera ada tanggapan dari pihak terkait. [Indra]