DESKRIPSI GAMBAR

Breaking News

Polres Melawi Jalin Kemitraan dengan Awak Media

Polres Melawi Jalin Kemitraan dengan Awak Media


Melawi, (MI)- Kepala Kepolisian Resor Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si yang diwakili oleh Kasubbag Humas Polres Melawi Iptu Herno Mintoro dan PS. Paur Humas Bripka Arbain menjalin kemitraan dan rapat koordinasi dengan awak media di Café Toegoe perempat Tugu Juang Kabupaten Melawi, Jumat (08/2/2019) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh para awak media Kabupaten Melawi yang berjumlah 15 Orang. Para awak media menyambut baik maksud dan tujuan yang disampaikan oleh Kasubbag Humas untuk mempererat tali silaturahmi antara Polres Melawi dan Wartawan.

Tatap muka dan silaturahmi ini bertujuan membangun kemitraan secara berkelanjutan sekaligus pertemuan tersebut untuk saling mengakrabkan antara Polres Melawi dengan wartawan media cetak dan media elektronik yang berada di Kabupaten Melawi.

Dalam sambutannya, Kasubbag Humas Iptu Herno Mintoro menyampaikan melalui kemitraan dan rapat koordinasi dengan awak media ini, untuk meningkatkan hubungan Polisi (Polres Melawi) dengan rekan wartawan agar terjalin silahturahmi dan komunikasi yang baik antara satu sama lainnya,” katanya.

Kasubbag Humas juga berharap hubungan silaturahmi pihak Kepolisian dan wartawan dapat terus berjalan dengan baik, harapannya para awak media (Wartawan) juga turut andil untuk menciptakan kondusifitas kamtibmas di Kabupaten melawi.

"Kondusifitas kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya aparat penegak hukum (Kepolisian) saja, termasuk juga para rekan awak media. Bahkan, media memegang peran penting dalam menjaga kondusifitas kamtibmas. Media harus menjadi contoh, tidak membuat berita yang meresahkan, Tidak menyebar kebohongan. Sebaliknya, media wajib menjadi alat klarifikasi terakhir seiring banyaknya berita hoax, ungkapnya.

‘’Media juga harus dapat mengemas informasi secara baik, tetap mengedepankan fakta namun mengemas secara menyejukkan,’’ imbuhnya.

"Ini penting, mengingat kondisi sosial dalam tahapan politik seperti ini rawan konflik. Sedikit bumbu saja, dampaknya bisa luar biasa. Apalagi, disinyalir banyak pihak yang sengaja menciptakan kondisi seperti ini demi keuntungan pribadi maupun golongan, konflik dapat berdampak luas. Ujung - ujungnya, masyarakat yang dirugikan," tuturnya.

‘’Media harus menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Wajib berlandaskan aturan, kaidah jurnalistik, dan Pancasila tentunya. Kalau ini dijalankan, optimis kondusifitas dapat terjaga dengan sangat baik,’’ jelasnya.

Lanjutnya, Media memiliki fungsi edukasi, Media melekat disegala bidang, termasuk politik, Kasubbag Humas berharap media menjadi sarana pendidikan politik bagi masyarakat, bukan sekedar alat kampanye saja. Namun, juga harus mengupas segala aturan dan tata cara berpolitik yang baik, ini penting agar masyarakat mendapat gambaran yang sesuai dan tidak mudah dipengaruhi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, tegasnya.

‘’Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama. Bahkan, media memegang peranan penting dalam hal ini, Kami berharap seluruh pihak dapat bersinergi untuk mewujudkan itu semua,’’ pungkasnya.

Kegiatan “Kemitraan dan Rapat Koordinasi Dengan Awak Media Melawi”, Diakhiri dengan pemberian serana kontak oleh Kasubbag Humas Polres Melawi Iptu Herno Mintoro dan foto bersama.

Dalam kegiatan tersebut juga disepakati bersama tentang pemberian informasi diruang publik yang akurat dengan mengedepankan koordinasi yang intens antara para awak media dengan fungsi Humas Polres Melawi yang dikedepankan dalam hal penyampaian dan penyajian informasi. Besar harapannya kegiatan kemitraan dan rapat koordinasi ini agar dilaksanakan terus menerus untuk menciptakan satu persepsi dalam hal penyajian informasi berupa berita diruang publik yang akurat sesuai fakta namun mengedepankan kode etik jurnalistik.

(Frans somil,Melawi)