Sukseskan Program Swasembada Pangan, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Baru Bantu Warga Binaannya Panen Padi

Sukseskan Program Swasembada Pangan, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Baru Bantu Warga Binaannya Panen Padi


Melawi Kalbar , (MI)- Bhabinkamtibmas Polsek Kotabaru (Polres Melawi) Brigadir Hardie Ouspar membantu warga binaannya memanen padi yang terletak di Desa Bina Jaya Kecamatan Tanah Pinoh Kabupaten Melawi, Minggu (10/2/2019).

Bersama warga Bhabinkamtibmas Brigadir Hardie Ouspar ikut berpartisipasi memanen padi di lahan milik warga binaannya. Keakraban antara warga binaannya dengan bhabinkamtibmas ini begitu terasa saat disela - sela beristirahat memanen padi dan minum kopi bersama, bahkan ada warga binaannya tidak sungkan untuk mengabadikan momen tersebut.

Ditanya setelah kegiatan tersebut Brigadir Hardie Ouspar mengatakan kegiatan ini memang sudah sering dilakukannya bersama warga binaannya, selain meningkatkan ikatan emosional kepada warga binaannya, juga bisa menjadi sarana silaturahmi, menampung segala keluh kesah warga binaannya, menyerap segala masukan dari warga binaannya. Karena dengan kebersamaan seperti ini baik itu warga binaannya dan dia sendiri lebih leluasa untuk menyampaikan pesan - pesan Kamtibmas maupun mendengarkan segala macam persoal diwarganya, selain itu kegiatan ini dilakukan dalam rangka mensukseskan program pemerintah tentang swasembada pangan Nasional, jelasnya.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si melalui Kapolsek Kotabaru Ipda Siswiyono menyampaikan bahwa  kegiatan ini merupakan murni karena kedekatan emosional antara anggota bhabinkamtibmasnya dengan warga binaannya masing - masing.

"Kegiatan memanen padi bersama warga masyarakat ini merupakan bentuk kedekatan emosional daripada bhabinkamtibmas terhadap masyarakat binaannya masing - masing Desa. Kegiatan ini juga untuk memperlancar kerjasama dengan para petani (warga binaan bhabinkamtibmasnya) yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan Nasional, diharapkan juga masyarakat dapat dengan bijak mengolah hasil panen mereka dan memberikan kontribusi positif terhadap swasembada pangan di Kabupaten Melawi ini, namun harus tetap memperhatikan lingkungan hidup juga jangan berladang berpindah - pindah, membuka hutan dan lahan untuk pertanian lalu dibakar tanpa adanya prosedural yang baik, ujung - ujungnya mengakibatkan kerugian untuk kita dan makhluk hidup lainnya juga," ungkapnya.

“Kepolisian akan terus berkomitmen melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap para petani agar mereka juga memahami pentingnya memperhatikan lingkungan hidup tanpa harus merusak ekosistem yang ada untuk anak cucu kita dan menjaga keutuhan daripada planet ini (bumi) agar pemanasan global dapat kita kurangi,” tuturnya.

Lanjutnya, Para Bhabinkamtibmas akan selalu siap mendampingi para petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan nasional di Kabupaten Melawi ini. Tentunya kegiatan pendampingan ini juga untuk memupuk kebersamaan dan tetap menjalin hubungan harmonis dengan warga masyarakat, jelas Ipda Siswiyono Kapolsek Kota Baru Polres Melawi.

Salah satu warga masyarakat pemilik ladang bapak Marolus menyampaikan menyambut baik dan berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas Polsek Kota Baru Polres Melawi Brigadir Hardie Ouspar yang telah mendampingi warga hingga rutin melaksanakan sosialisasi serta penyuluhan tentang bahaya serta larangan melakukan pembukaan hutan dan lahan.

“Kami sebagai petani sangat merespon baik dengan adanya sosialisasi dan penyuluhan daripada Bhabinkamtibmas Pak Ouspar, kami sedikit demi sedikit memahami pentingan menjaga ekosistem yang ada ini untuk keutuhan sampai pada anak cucu kita serta para petani sangat terbantu dengan kegiatan pembinaan dan sosialisasi dari Kepolisian yaitu Polsek Kota Baru, harapannya akan meningkatkan kesejahteraan para petani dan menghindarkan para petani dari tindak pidana pembakaran hutan,” sampainya.( Frans/JH )