Oknum Kepsek SDN 7 Sungai Rotan Muara Enim Menggelapkan Dana Bos -->

Breaking news

Live
Loading...

Oknum Kepsek SDN 7 Sungai Rotan Muara Enim Menggelapkan Dana Bos

Wednesday 13 March 2019


Muar Enim (MI)- Puluhan para Dewan Guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) 7  Desa Petar Dalam Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan ,mengadukan Kepala Sekolah nya ke Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Muara Enim. Pasalnya, Oknum Kepsek SDN 7 Sungai Rotan Sdri Ibu Suryani S.Pd  yang di adukan oleh para dewan guru tersebut ,Karena dinilai selama menjabat tidak melaksanakan sesuai prosedur,  dan diduga menyimpangkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),serta terkait  APBD dan APBN tidak dijalankannya  sesuai Rencana Kerja Anggaran Sekolah(RKAS.).

Setidaknya hal tersebut,telah dituangkan dalam surat pernyataan dari puluhan dewan guru maupun dukungan dari masyarakat setempat yang meminta kepada Kepala Dinas Pendidkan Kabupaten Muara Enim untuk menindak lanjuti laporan itu. Adapun bunyi surat pernyataan yang dibuat di atas  materai yang ditanda tangani puluhan dewan guru SDN 7 Sungai Rotan itu,menyatakan diantaranya ketidak senangan nya terhadap kepemimpinan Kepsek Suryani SPd, sebagai Kepsek SDN 7 Sungai Rotan tersebut.

Bahkan di surat pernyataan itu juga tertulis bahwa  terkait SPJ BOS,Seluruh guru tidak pernah menandatangani selama 1 tahun. Dan dana BOS ,baik APBN maupun APBD tak tau arah dan tidak disalurkan sesuai dengan apa yang ada di RKAS. Terkait surat pernyataan yang dibuat para dewan guru tersebut,ternyata dibenarkan oleh bendahara SDN 7 Sungai Rotan Sdr,Rusdi,maupun para guru lainnya kepada media wartaposgrouop ini  yang  mengatakan, bahwa sudah sekian lama kami mengharap ada kesinergian dan kerjasama yang baik demi kemajuan pendidikan ,Serta perhatian kondisi bangunan sokolah . Namun sudah sejak lama hal tersebut justu semakin parah sejak dipimpin Kepsek Suryani SPd ini," terangnya (11/03/19).

Dikatakan para dewan guru , Kami juga mendapat ancaman dari Kepsek agar mencabut laporan yang dilayangkan ke Diknas beberapa hari lalu. Namun kami tetap konsisten tidak mau mencabut laporan itu karena ini sudah menjadi kesepakatan yang juga di dukung sejumlah bukti ," ungkap nya. " Makanya kami buat surat pernyaatan ke Diknas Kabupaten untuk mentidak lanjuti hal itu," beber para dewan guru yang tertulis di surat pernyataan tersebut.

Kepala Sekolah SDN 7 Sungai Rotan yang berhasil dikonfirmasi pada awak media ketika berada di kantor Kepala Bidang (Kabid) SDN Kabupaten Muara Enim pada (11/03/19),saat memenuhi panggilan dari Kabid Diknas Kabupaten Muara Enim ,mengatakan pembenaran kesalahannya  selama ia menjabat Kepsek SDN 7 Sungai Rotan itu. Ia mengakui telah dipanggil pihak Diknas guna menjawab laporan dari para dewan guru. Dan ia juga mengakui telah menandatangani surat peryataan dari Kadiknas ,melalui Kabid SDN Kabupaten Muara Enim Bapak Sarkani guna mempertanggung jawabkan kinerjanya selama menjabat Kepsek SDN 7 Sungai Rotan tersebut.

Disinggung dugaan penyimpangan terkait penggunaan dana BOS ,dan isi surat pernyataan dari para dewan tersebut, Sang Kepsek SDN 7 Sungai Rotan itu , Justru sang oknum Kepsek  malah menantang wartawan agar masalah ini jangan di besar-besarkan dan ia akan menyiapkan seoarang pengacara . Bahkan mirisnya , dihadapan sang Kabid Diknas itu,Oknum Kepsek SDN 7 Sungai Rotan tersebut, terlihat bak patuh dan siap akan berbenah diri kala ia menanda tangani surat pernyataan kedisiplinan.

Namun hal itu justru berbeda ketika sang Oknum Kepsek tersebut telah berada di ruang kantor sekolah nya ,Karena dalam pengakuan para dewan guru kepada awak media bahwa sang Kepsek tersebut memaksa agar para dewan guru dapat mencabut laporan pengaduan ke Diknas Kabupaten Muara Enim . " Saya juga punya famili anggota DPRD , dan saya juga akan siapkan pengacara untuk dampingi saya,Soal dugaan penyimpangan dana  di Sekolah bukan urusan wartawan,itu urusan Inspektorat ," ujar oknum Kepsek Suryani ,yang dinilai para dewab guru beliau berbelit belit-belit pembicaraan nya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas) Kabupaten Muara Enim Plt,Drs H Zainal Abidin MSi ,melalui Kabid SDN Diknas Sarkani,membenarkan telah ada laporan berupa surat pernyataan dari para dewan guru SDN 7 Sungai Rotan serta dukungan masyarakat Desa Petar Dalam Kecamatan Sungai Rotan . Kita sudah panggil Sdri .Suryani SPd selaku Kepsek SDN 7 Sungai Rotan terkait laporan tersebut, Dan ia mengakui ada kesalahan maskipun tidak membawa rincian yang valid. Namun kita tetap menindak tegas dengan membuat surat pernyataan yang ditanda tangani Kepsek Suryani itu.

" Ya kita kecewa ,dengan kepemimpinan Kepsek SDN 7 Sungai Rotan itu, dan ada hal yang sangat krusial yang akan kita pertanyakan lagi kepada Oknum Kepsek tersebut," tegas nya.(Lie & tim)