Chanel Investigasi

Oknum Masyarakat Buang Sampah Ditepi Jalan

Oknum Masyarakat Buang Sampah Ditepi Jalan


Tanjungpandan, (MI)- Laskar Satgas Lebah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung memang patut di acungkan jempol untuk kinerjanya dan kesabarannya dalam menghadapi permasalahan sampah-sampah yang ada di seputaran Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung ini. 

Hal ini terjadi di Daerah Jalan Kenangga Kelurahan Paal Satu, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Yang di mana Jalan kenanga tersebut sering dilakukan oleh Oknum yang membuang sampah di sepanjang jalan tersebut, padahal disebelah lokasi tersebut terdapat Kontainer sampah berukuruan Besar akan tetapi Oknum tersebut masih membuang sampahnya di tepi jalan Kenanga.

Dari pantauan awak media ini yang berada dilokasi, Senin (08/04/2019) tampak terlihat Sampah-sampah yang berserakan di tepi jalan tersebut, sedangkan isi Kontainer Sampah milik Dinas Lingkungan Hidup kosong tidak terdapat sampah di dalam Kontainer tersebut.

Marno Koordinator Satgas Lebah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung saat di temui awak media ini di lokasi mengatakan, Daerah Jalan Kenanga ini dulunya memang kumuh dan kotor oleh sampah-sampah.

"Sekarang setelah Kami Anggota Satgas Lebah membersihkan dari bulan-bulan kemaren sudah tampak bersih bahkan kami juga menempatkan Sebuah Kontainer sampah yang cukup besar di sini agar Masyarakat membuang sampah di dalam Kontainer tersebut.

"Akan tetapi muncul kembali sampah-sampah ini berserakan di tepi jalan Kenanga ini dan parahnya Kontainer yang kami tempatkan di sini kosong tidak ada isinya. 

"Dari keterangan saksi Masyarakat sekitar sini ada Oknum Masyarakat dari luar dengan Menggunakan kendaraan Mobil yang membuang sampahnya pada malam hari di sepanjang tepi Jalan Kenanga ini, bahkan menurut Warga ada juga Truk yang membawa sampah-sampah tersebut dari Pasar" Ucap Marno.

"Jadi saya mohon untuk petugas Penegak Perda atau Satpol PP Kabupayen Belitung untuk di tindak tegas apabila Oknum Masyarakat yang sengaja membuang sampah-sampahnya bukan pada tempatnya sampai tertangkap." Tegas Koordinator Satgas Lebah ini sekali lagi.

Disisi lain awak media ini menghubungi PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto, ST melalui pesan WhataAppnya mengatakan.

"Kelakuan Oknum Masyarakat yang memang sudah sengaja membuang sampah-sampah mereka di tepi Jalan Kenanga itu sudah sangat keterlaluan, seolah mereka itu mempermainkan Kinerja kami.

"Karena sudah jelas di situ terdapat sebuah Kontainer Besar yang kami tempatkan untuk menampung sampah, akan tetapi Oknum tersebut dengan menggunakan kendaraan Mobil sengaja membuang sampah mereka pada malam hari.

"Kami sedang menunggu ABT Pemerintah ini dan akan segera terpasang 100 buah kamera CCTV di setiap Lokasi Rawan Sampah. Dan mengenai Perbup Operasi Tangkap Tangan sedang dalam proses Finalisasi. Nah setelah semua Clear jika ada yang teetangkap tangan, maka kami akan Proses mereka yang Melanggar tanpa pandang bulu" Ucap Edi Usdianto melalui pesan WhatsAppnya. (Luc)