Sejumlah 5.940 Satgas Siap Amankan Pemilu 2019 -->

Breaking news

Live
Loading...

Sejumlah 5.940 Satgas Siap Amankan Pemilu 2019

Tuesday 16 April 2019


Lumajang, (MI)- Sejumlah 5.940 Satgas keamanan desa siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, April 2018.

 Pemerintah Kab. Lumajang menyatakan akan mensuport penuh Satuan Petugas (Satgas) keamanan Desa yang ada di seluruh wilayah Kab. Lumajang.

"Kita suport penuh  Satgas keamanan Desa, untuk memberikan jaminan terhadap keamanan masyarakat.  Kita juga suport penuh kebutuhan dan perlengkapan Satgas keamanan Desa dari APBD maupun APBDes," ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. M. ML., usai melaksanakan Apel 
Gelar Pasukan Satgas keamanan Desa, di Alun - alun Lumajang, Selasa (16/04/19) pagi.

Apel tersebut mengusung tema "Kesiapan Mendukung Pengamanan Pemilu 2019 di Wilayah Kabupaten Lumajang".


Bupati mengatakan, bahwa Pemerintah, TNI maupun Polri akan siap turun di Desa-desa, bersama - sama ikut menciptakan keamanan Desa. Hal tersebut merupakan bentuk partisipasi Pemerintah, TNI maupun Polri dalam menciptakan keaamanann. dan kondusifitas yang ada di Kab. Lumajang

"Kami akan menunjukan kepada Satgas keamanan desa, bahwa kita berkeinginan bersama, berkeringat bersama untuk menjaga keamanan Desa," pungkasnya. 

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten, TNI, Polri maupun Satgas dapat saling berkerjasama untuk menciptakan Kab. Lumajang aman dan Kondusif. 

Bupati ingin, Satgas keamanan Desa berperan aktif terhadap pelaksanaan Pemilu 2019 yang berlangsung Rabu (17/04/2019).

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP. DR. Muhammad Arsal Sahban.,  mengungkapkan, bahwa, dengan adanya Pemilu yang akan berlangsung  besok (17/4/19) Polres Lumajang akan melibatkan Satgas keamanan Desa untuk bekerjasama membantu pengamanan selama kegiatan pemilu berlangsung. Hal ini bertujuan, supaya pelaksanaan Pemilu di setiap Desa berjalan aman dan kondusif. 

"Kita harapkan peran mereka saat ini,  utamanya ada beberapa peran Satgas, yaitu menjaga keamanan desa, mendisain keamanan Desa, membantu menyelesaikan permasalahan Kamtibmas,  sekaligus membantu pengamanan Pemilu 2019,"katanya. 

Kapolres mengatakan, bahwa, total (Satgas) keamanan desa sebanyak 5.940 orang itu, berasal dari 198 Desa yang ada di Kab. Lumajang.  Satgas harus sigap mengamankan Pemilu 2019 sesuai tempat tugasnya masing-masing. (had)