Bandung Barat Siagakan Puskesmas dan Rumah Sakit Selama Lebaran -->

Breaking news

Live
Loading...

Bandung Barat Siagakan Puskesmas dan Rumah Sakit Selama Lebaran

Monday 27 May 2019


Bandung Barat, (MI)- Seluruh fasilitas kesehatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan tetap siaga saat musim mudik dan libur lebaran 2019. Kepala Seksi pelayanan Kesehatan Rujukan dan Jaminan Kesehatan Dinas Kesehatan KBB Lia Nurliana Sukandar memastikan hal itu.

"Intinya, seluruh pelayanan kesehatan di KBB siap melayani masyarakat selama mudik dan libur lebaran," kata Lia saat ditemui di Kantor Cabang BPJS, Kota Cimahi, Senin (27/5/2019).

Untuk pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), ada 32 unit yang siaga melayani masyarakat. Puskesmas itu tetap membuka pelayanan selama libur nanti.

"Kecuali pas hari H lebaran, kami juga ada beberapa Puskesmas yang buka selama 24 jam," ucap Lia.

Puskesmas yang buka pelayanan 24 jam adalah Puskesmas Padalarang, Tagog Apu, Cisarua, Lembang, Sindangkerta, Cihampelas, Cisangkan Girang dan Cimareme.

Di samping itu, pihaknya juga menyiapkan enam unit Puskesmas yang dilengkapi dengan ruang perawatan yang tersebar di 16 kecamatan se-Bandung Barat. Yakni Puskemas Gununghalu, Cililin, Saguling, Jayagiri, Rajamandala dan Cikalong Wetan.

"Tentunya semua fasilitas kesehatan itu dilengkapi dengan tenaga medis, seperti perawat dan dokter," ujar Lia.

Lia mengatakan, selain Puskesmas, rumah sakit di KBB juga siap melayani pasien berobat selama libur lebaran tahun ini. 

Di antaranya Rumah Sakit Lembang, Rumah Sakit Cikalong Wetan, Rumah Sakit Cililin, Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan, Rumah Sakit Kharisma, IMC dan Rumah Sakit Kartini. "Intinya masyarakat jangan ragu bila ingin berobat," katanya.***
(min)