Baca konten viral kami di BABE

DESKRIPSI GAMBAR    
Desa Sidodadi Gunakan DD Rehab Gedung Desa

Desa Sidodadi Gunakan DD Rehab Gedung Desa


Lampung Utara, (MI)- Awal dikucur kan di tahun 2016 lalu, begitu besar manfaat nya Dana desa dan Alokasi dana desa (DD/ADD) yang digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementerian Desa.

09/05. DD/ADD.Dana desa dan Alokasi dana desa Sumber dana APBN dan APBD hingga saat ini masih terus di kucurkan dari tahun ke tahun dan sudah jelas peruntukan dan peraturan nya, di atur dalam "Permendes" agar di Reaisasikan sesuai peraturan dan kebutuhan masyarakat di Desa itu hasil "Musdes" dan mufakat usulan tingkat RT. dan LK. diusulkan dalam "Musrembang" mana yang sekala prioritas.

Seperti kita ketahui bersama, di saat ini, pemanfaatan dana desa tidak hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur saja, pengembangan fasilitas kesehatan dan listrik juga sudah bisa dibangun mengguna kan dana desa.

Bahkan saat ini sudah menjadi keharusan bagi setiap desa agar memiliki Bumdes sendiri, sehingga dapat membantu perekonomian desa sehingga nanti nya dapat lebih maju dan mandiri.

Sebagaimana diketahui dana desa salah satu fungsinya untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Hal nya, Peningkatan kesehatan, Pendidikan, Sosial dan memberi kan kenyamanan masyarakat di desa nya apa yang menjadi kebutuhan sehari - hari di desa tersebu, Sehingga dapa mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa. (09/05/2019), salah satunya Desa Sidodadi, Kecamatan Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara Kepala desa, Desi dijumpai di kantor Desa Desi.

"Tahun ini rencana kerja pembangunan dari dana desa, Rerehab/penambahan tiga pasilitas ruangan kantor di Desa, Ruangan BPD. Sekdes dan Kaur pembangunan, selain rehab/penambahan tiga ruangan kantor, adapun Jambanisasi sebanyak 110 unit,  yang di bagi di tiga dusun, dusun 1. 2 dan 3.

Tahun ini kami prioritas kan dulu untuk penambahan ruangan para kasi pemerintahan desa, untuk DD tahap pertama 20% dan itupun di bagi jadi dua tahap pencairan nya 10% dan 10% ketika SPJ hasil kerja sudah di serah kan ke dinas terkait, "Ungkap kepala. 

Lebih lanjut ketua BPD menjelaskan "Mungkin nanti di tahap yg ke dua 40% kami prioritas untuk insfrastruktur dan pasilitas umum yang memang masih belum ada di desa kami "terang ketua BPD, dia juga menyampai kan agar kiranya pemerintah daerah juga dapat membantu untuk prasarana jalan jalan poros yang memang sudah rusak dan seharusnya sudah di tingkatkan/di perbaiki agar benar-benar nampak jelas perubahan nyata di kabupaten Lampung Utara pungkas ketua BPD. (Yudi)