Baca konten viral kami di BABE

DESKRIPSI GAMBAR    
Kwarcab Pramuka Gelar Raimuna Cabang VII Probolinggo

Kwarcab Pramuka Gelar Raimuna Cabang VII Probolinggo


LUMBANG, (MI)- Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo menggelar Raimuna Cabang VII probolinggo di Bumi Perkemahan Lumbang selama 3 (tiga) hari mulai Selasa (30/4/2019) hingga Kamis (2/5/2019). Raimuna kali ini mengambil tema “Kolaborasi Untuk Negeri”.

Raimuna Cabang VII Probolinggo ini diikuti pramuka penegak pandega dari SMA/SMKMA/perguruan tinggi se-Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 491 putra dan 248 putri. Serta 50 orang panitia terdiri dari DKC Probolinggo, eks Raimuna Nasional XI (sembilan) tahun 2017, eks Raimuna Daerah X (tiga belas) tahun 2018 dan Sangga Kerja.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko ini dihadiri oleh pengurus Majelis Pembimbing Cabang dan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo serta para Majelis Pembimbing Ranting dan Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kabupaten Probolinggo.

Ketua Pelaksana Sulastri mengungkapkan pramuka adalah organisasi yang mengemban misi untuk memberikan kontribusi pendidikan kepada generasi muda melalui sistem nilai yang berdasarkan pada kode kehormatan pramuka, sebagai wadah untuk membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia, umumnya pada kalangan pemuda sehingga dapat membantu dalam pembangunan bangsa.

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah pertemuan bagi pramuka penegak dan pandega Probolinggo untuk mempererat tali persaudaraan dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif edukatif, rekreatif dan produktif dalam bentuk perkemahan. Tujuannya membina persaudaraan dan persatuan pramuka penegak dan pandega Probolinggo dengan tujuan akhir pembentukan watak dan pengembangan
ketrampilan sebagai bekal kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Sementara dalam sambutannya Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan kegiatan Raimuna ini merupakan wadah bagi pramuka penegak dan pandega yang dilakukan dari, oleh dan untuk penegak pandega sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk mempererat tali persaudaraan sesama pramuka penegak pandega sehingga diharapkan proses kematangan adik-adik dalam mengolah organisasi dan kegiatan bisa secara mandiri dan dapat mengadopsi serta lebih kreatif, inovatif, rekreatif, edukatif dan produktif.

“Saya bangga terhadap kegiatan ini yang dalam programnya tidak sekedar bertemu, berkemah dan menyanyi saja tetapi sudah ada inovasi baru misalnya kegiatan eksplorasi madu dan durian, eduwisata desa adat, subcamp dan makanan kuliner. Dengan demikian maka kegiatan ini akan dapat menambah wawasan, pengalaman bagi peserta sehingga sasaran akhir sedapat mungkin dikembangkan di lingkungan keluarga maupun masyarakat,” katanya.

Menurut Kak Timbul, kegiatan semacam ini tidak hanya dilakukan ditingkat cabang, tetapi sedapat mungkin dilakukan di masing-masing kwartir ranting sehingga adik-adik generasi muda yang semula bukan anggota pramuka akan tertarik dan mengikuti pertemuan pramuka penegak pandega. Dengan demikian tidak ada waktu terluang untuk melakukan kegiatan yang sifatnya negatif seperti halnya dampak dari miras maupun narkoba dan lain-lain.

“Pendidikan gerakan pramuka mempunyai tujuan antara lain mewujudkan generasi muda yang cinta tanah air, bangsa dan negara. Cinta lingkungan, bertanggungjawab, berkarakter dan kuat keimanannya kepada Tuhan YME. Sebagaimana yang tertuang dalam Tri Satya dan Darma Pramuka. Oleh karena itu adik-adik diharapkan menjadi pioner-pioner yang nanti sebagai generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Kak Timbul mengharapkan agar menjadi anggota pramuka yang berkarakter. Gunakan masa mudanya dengan kegiatan-kegiatan yang positif untuk menuju generasi milenial yang cerdas dan tanggap terhadap perkembangan zaman.

“Jadilah pramuka yang mampu bersinergi dengan organisasi kepemudaan lain yang senafas dan mempunyai cita-cita untuk bersama menuju Indonesia maju,” pungkasnya.

Pembukaan ini dimeriahkan dengan penampilan drumband, Tari Tradisional Rerere dari SMAN 1 Sukapura, unjuk gelar dari Saka Wirakartika, Saka Bayangkara dan parade diakhiri dengan penyerahan penghargaan dari panitia Raimuna dan Purna DKC tahun 1975-2014. (Had)