Manfaat Puasa Bagi Kesehatan -->

Breaking news

Live
Loading...

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Tuesday 7 May 2019


KRAKSAAN, (MI)- Bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang sangat tepat bagi masyarakat untuk dapat hidup sehat. Sebab dengan berpuasa maka tubuh akan menjadi sehat dan dapat memperbaiki fisik dan mental (spiritual). Dengan melaksanakan puasa, maka akan diadakan untuk disiplin hidup karena waktu makan pun diatur dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto. "Puasa bagi kesehatan sangat baik dan akan menata kembali fungsi-fungsi tubuh, sistim pencernaan dan hormonal akan menjadi lebih baik," katanya.

Pada kondisi normal, sumber energi utama dalam tubuh adalah gula yang disimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, simpanan gula digunakan untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh. Setelah gula digunakan, lemak menjadi sumber energi selanjutnya dan ini dapat mengurangi berat badan. Jika sumber-sumber energi tersebut masih kurang memadai, tubuh akan mengeluarkan protein untuk menghasilkan energi.

“Justru pada penderita diabetes melitus atau kencing manis yang ringan atau tipe 2 sebaliknya akan memberi tanggapan kesembuhan. Sisa-sisa uang yang berlebihan akan menjadi hilang dan ada yang akan menjadi lebih pas, ”jelasnya.

Saat berpuasa, tubuh mengubah sesuai dengan lama berpuasa. Faktanya, tubuh membutuhkan waktu paling lama untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh berkuasa saat diberi asupan terlebih dahulu. "Penting untuk makan sahur yang bergizi sebelum memulihkan puasa dari diterbitkan hingga tenggelamnya matahari," terangnya.

Oleh karena itu Anang memberikan tips puasa sehat. Caranya pada waktu berbuka puasa, dapat berbuka atau takjil dengan yang manis-manis dan dengan gula yang mudah dicerna seperti kurma, minuman dengan gula aren aren / merah. “Setelah sholat Maghrib, baru kemudian makan makanan berat seperti nasi dan lain sebagainya, tentu tidak berlebihan. Jaga konsumsi cukup, untuk dewasa 2 hingga 3 liter disesuaikan dengan tinggi dan berat badan masing-masing orang, ”tegasnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan agar puasa menjadi sehat terang Anang, pada saat sahur hindari makan dan minum yang menyiapkan pedas dan terlalu asam serta mengandung protein secukupnya. “Jangan lupa bisa dilengkapi dengan suplemen / vitamin. Bekerjalah seperti biasa sambil tetap menempatkan sesuai waktu yang dimiliki, ”pungkasnya. (Had)