BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR  
Hadirnya, Kembaran dari Suzuki Baleno: Perhatikan Spesifikasinya

Hadirnya, Kembaran dari Suzuki Baleno: Perhatikan Spesifikasinya


Jakarta, (MI)- Setelah sempat lama dinanti-nanti, saudara kembar dari Suzuki Baleno yaitu Toyota Glanza akhirnya meluncur di India. Hadir dengan menyandang emblem Toyota, Glanza memang menyasar segmen hatchback premium.

“Kami senang dengan kehadiran entry level ini ke segmen hatchback premium. Kami yakin bahwa Glanza yang didukung oleh Toyota yang memiliki penjualan dan layanan unik mampu menciptakan tolak ukur baru dalam industri ini,” ujar N Raja, Wakil Direktur Pelaksana Toyota Kirloskar Motor.

Meski secara garis besar tampilan Toyota Glanza sangat mirip dengan Suzuki Baleno, ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Perbedaan paling jelas terlihat tentu saja logo merek di bagian depan yang kini terpampang logo dari Toyota. Selain itu, Glanza juga memiliki aksen krom yang lebih banyak di bagian depannya dibanding Baleno.

Belum lagi desain bemper yang sedikit berbeda dengan kehadiran dudukan lampu kabut yang telah didesain ulang. Untuk menambah kesan premium, Toyota juga memberikan lampu depan proyektor LED lengkap dengan Daytime Running Light (DRL) LED pada Glanza ini.

Bergeser ke bagian samping, perubahan yang sangat terlihat jelas tentu saja penggunaan pelek dengan desain yang berbeda. Lanjut ke bagian belakangnya, Glanza juga dibekali lampu belakang LED, serta penambahan aksen krom pada bagian bawah kaca belakang.

Masuk ke bagian Interior, terdapat beberapa penambahan fitur pada mobil ini. Pada sistem infotainment-nya, Glanza telah dibekali oleh layar sentuh playcast yang mampu terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Tidak hanya itu, sistem tersebut juga dilengkapi oleh fitur navigasi berbasis smartphone. Untuk kemudahan pengoperasiannya, sistem infotainment ini dapat dioperasikan dengan pengaturan audio yang terletak di stir dan juga bisa melalui perintah suara.

Beberapa fitur premium lain juga tersemat pada mobil ini, seperti fitur AC otomatis, electric retract mirror, dan start & stop engine button. Sementara untuk fitur keselamatan, Glanza telah dilengkapi oleh dual airbag, sistem pengereman ABS dengan EBD dan Brake Assist, kamera parkir belakang, dan ISOFIX.

Untuk jantung pacunya, Toyota Glanza hanya dibekali oleh satu pilihan mesin yaitu mesin bensin K-Series 4-silinder berkapasitas 1,2 liter. Menariknya, meski mesinnya hanya tersedia 1 pilihan, namun tenaga yang ditawarkan dari masing-masing variannya akan berbeda.

Untuk varian G dengan transmisi manual 5-percepatan, mesin tersebut menghasilkan tenaga 88 dk. Sementara untuk varian G dan V dengan transmisi CVT 5-percepatan, hanya memiliki tenaga 82 dk.

Hadir dalam empat varian, Toyota Glanza dijual untuk pasar India dengan harga mulai dari setara Rp 147 juta hingga Rp 182 juta.

Bila seandainya mobil ini kelak masuk ke pasar Indonesia, mungkin akan memiliki harga yang tidak jauh berbeda dari saudara kembarnya yaitu Suzuki Baleno yang telah lebih dahulu mengaspal di sini. Saat ini Suzuki Baleno di Indonesia dipasarkan dengan harga Rp 213 juta untuk transmisi manual dan Rp 225 juta untuk transmisi otomatik.

Tentu, menarik untuk dinanti apakah PT Toyota-Astra Motor berminat untuk mendatangkan Toyota Glanza ini ke pasar Indonesia atau tidak. ***
(min/dw)