Baca konten viral kami di BABE

DESKRIPSI GAMBAR    
Jamaah Islam Aboge: Rayakan Lebaran Hari ini

Jamaah Islam Aboge: Rayakan Lebaran Hari ini


Jakarta, (MI)- Bertempat di Komplek Masjid Raden Sayid Kuning, Desa Onje, Kabupaten Purbalingga,Ratusan jamaah umat Islam Aboge di Purbalingga, Cilacap dan Banyumas di Jawa Tengah, baru merayakan lebaran hari ini. Penentuan waktu lebaran penganut Aboge ini didasarkan pada perhitungan yang telah ratudan tahun diwariskan turun temurun. 

Jamaah Islam Aboge sudah mulai berkumpul sejak pukul 06.00 WIB. Mereka kemudian menggelar salat ied berjamaah. Karena jamaah membludak, sebagian melakukan salat di pelataran masjid.

"Kesatuan umat adalah hal terpenting dalam kehidupan, sebab akan mendatangkan banyak manfaat. Meski di Kabupaten Purbalingga ini terdapat berbagai penganut aliran agama, namun rasa persatuan lah yang dapat mempersatukan umat," kata Maksudi, tokoh umat Islam Aboge Purbalingga kepada wartawan, dilansir detik.com, Kamis (6/6/2019).

Aliran Islam Aboge merupakan paham yang telah dianut warga kawasan tersebut secara turun temurun selama ratusan tahun. Sesuai perhitungan mereka, tahun ini adalah tahun Dal dan pada tanggal 1 Syawal jatuh pada hari Sabtu.

Selain di Kabupaten Purbalingga, salat ied hari ini juga digelar komunitas Aboge di Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Cilacap.

Sedangkan di Banyumas, salat ied oleh komunitas Aboge dilakukan di Masjid Saka Tunggal di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas. di di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, dan Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen. ***
(int/min)