Keputusan Lebaran Setelah Sidang Isbat 2019 Hari Ini -->

Breaking news

Live
Loading...

Keputusan Lebaran Setelah Sidang Isbat 2019 Hari Ini

Monday 3 June 2019


Jakarta, (MI) - Kementerian Agama  akan menggelar  Sidang Isbat atau Rapat Hari Raya Idul Fitri  1 Syawal 1440 Hijriyah pada Senin (3/6) petang, sebelum salat magrib. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin sidang yang mengikuti para ulama, tokoh organisasi kemasyarakatan Islam, pakar astronomi, delegasi negara sahabat dan tidak terkait lainnya. 

Kegiatan sidang ini diawali dengan presentasi tentang posisi bulan sabit baru (hilal) berdasarkan data astronomi (falak) oleh pakar astronomi. Kegiatan dilanjutkan dengan salat magrib kemudian dilakukan sidang tertutup. Setelah itu, hasil sidang akan diumumkan dalam jumpa pers.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan Kemenag menyebarkan para pemantau hilal di 105 titik di seluruh Indonesia.

Sementara Kemenag dalam disetujui 1 Syawal 1440 H memadukan dua metode melalui perhitungan astronomi (hisab) untuk menentukan posisi pasti hilal. Kemudian akan diperoleh prakiraan letak bulan baru dan diadakan dengan melihat hilal secara langsung (rukyat). 

Saat bulan baru terlihat beberapa saat setelah magrib tiba ( qobla ghurub ) maka pada petang ini ditetapkan sudah mulai 1 Syawal. Artinya, masyarakat Indonesia akan memulai Lebaran pada hari Selasa (4/6) atau puasa berlangsung selama 29 hari (versi pemerintah).

Sementara itu, jika hilal tidak disaksikan para perukyat, Senin petang ditetapkan sebagai malam 30 Ramadhan dan 1 Syawal jatuh pada Rabu (5/6). 

Penetapan hari besar Islam sendiri pada umumnya menggunakan patokan penanggalan Lunar atau Qomariyah. Sistem kalender menggunakan bulan sebagai dasar perhitungan astronomi dan dituangkan dalam kalender Hijriyah. 

Pergantian hari dalam sistem kalender Lunar menggunakan petang atau batas pergantian sore ke titik mula pergantian hari. Berbeda dengan penanggalan Masehi yang menggunakan sistem Gregorian dengan menetapkan pergantian hari dimulai pada pukul 00.00 WIB. ***
(min)