BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR  
Polisi: 29 Adegan,Reka Ulang Kasus Bunuh Istri dan Bakar Rumah

Polisi: 29 Adegan,Reka Ulang Kasus Bunuh Istri dan Bakar Rumah


Jakarta, (MI)- Reka ulang kasus pembunuhan istri dan pembakaran rumah yang dilakukan Jumharyono berlangsung sekitar satu jam. Ada 29 adegan yang diperagakan Jumharyono.

"Hari ini kita sudah melaksanakan kegiatan rekonstruksi yang dijadwalkan tadi pukul 14.00 WIB berlangsung satu jam. Kita melakukan sekitar 29 adegan. Nanti masih ada satu lagi di rumah sakit untuk tersangka. Dari 29 adegan ini menggambarkan seluruh rangkaian bagaimana tersangka ini melakukan pembunuhan dari awal sampai dengan akhir, sampai dengan yang bersangkutan dilakukan penangkapan oleh polisi," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo di Jalan Dukuh V RT 010 RW 05, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (15/8/2019).

AKBP Hery mengatakan reka ulang dilakukan untuk memastikan urutan kejadian sekaligus mengecek kesesuaian dengan keterangan yang disampaikan Jumharyono dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Dalam kasus ini, Jumharyono membunuh istrinya, Khoiriah, pada Selasa (6/8) dini hari.

"(Ada perbedaan di BAP dan reka ulang) pada saat yang bersangkutan mengambil pisau dan gunting itu dinyatakan sebelum istrinya mandi. Tapi pada saat direkonkan tadi pada saat istrinya mandilah pisau dan gunting itu disiapkan," kata AKBP Hery.

Jumharyono dihadirkan di lokasi pada pukul 13.35 WIB dengan tangan diborgol. Polisi menjaga ketat Jumharyono selama rekonstruksi berlangsung.

"Adegannya (pembunuhan) ada di (nomor) 23," ucap AKBP Hery.

Reka ulang ini menarik perhatian warga. Polisi memasang garis polisi di sekitar lokasi untuk mencegah warga terlalu dekat. Tampak warga begitu geram dengan kehadiran Jumharyono.

Pembunuhan itu bermula ketika pelaku baru pulang bekerja sebagai kuli di Pasar Kramat Jati kemudian terlibat cekcok dengan istrinya. Jumharyono lalu memukul kepala korban dengan batu dan menusuknya dengan gunting berkali-kali. Setelah itu, Jumharyono membakar rumahnya dan berusaha kabur.

Peristiwa tersebut membuat sang anak yang berusia 5 tahun dan sedang tidur ikut terbakar. Beruntung korban dapat diselamatkan warga. Jumharyono, yang kabur dalam kondisi telanjang bulat, lalu ditangkap warga. Dia kemudian diserahkan ke Polsek Kramat Jati.*
poldametrojayadotinfo