Reskrim Polsek Beji Tangkap 2 Pencuri Spesialis HP Lintas Daerah -->

Breaking news

Live
Loading...

Reskrim Polsek Beji Tangkap 2 Pencuri Spesialis HP Lintas Daerah

Tuesday 27 August 2019


Depok, (MI)– Anggota Reskrim Polsek Beji berhasil mengungkap jaringan komplotan pencuri HP lintas daerah. Kapolresta Depok AKBP Azis Andriansyah mengatakan kedua pelaku yaitu MG (30), dan M (32), memiliki peran masing-masing dalam melakukan aksi mencuri HP milik pengunjung pusat perbelanjaan.

“Peran MG sebagai sopir penyedia kendaraan mobil, sedangkan M sebagai pengalih korban untuk dapat diambil HP di pusat perbelanjaan,” ujar AKBP Azis saat jumpa pers di loby ruangan Promoter Mapolresta Depok, Selasa (27/8/2019).

AKBP Azis mengungkapkan, pelaku beraksi di sebuah rumah makan cepat saji di dalam Dmall, Jumat (2/8/2019) pukul 16.00 WIB. Saat itu mereka merampas HP Samsung Galaxy A20 milik korban, Michale Anjelica (21) yang sedang asyik makan.

“Pelaku berhasil kami tangkap di rumahnya daerah Sei Taloh, Siri Agung, Palembang Sumatra Selatan. Modus pelaku mencuri HP korbannya saat sedang lengah makan di restoran,” tambah AKBP Azis.

PLT Kanit Reskrim Polsek Beji, Iptu Heri Ebek menambahkan komplotan para pelaku yang berhasil ditangkap sudah beraksi selama 5 tahun.

“Motif pelaku mencuri HP pengunjung mal lantaran karena ada kesempatan dan keuntungan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tambah Iptu Heri.

Dari pengakuan para pelaku, lanjut Iptu Heri, setiap kali mampir ke kota besar pelaku ini kerap beraksi mendatangi tempat pusat perbelanjaan yang ada.

“Para pelaku ini berjumlah 5 orang, 2 di antaranya wanita yang bertugas untuk menjual hasil curian per Unit HP dijual Rp300 ribu,” papar Iptu Heri.

Tempat mencuri pelaku tidak hanya di Depok, namun juga lintas wilayah sampai ke pulau besar di Jawa dan luar Jawa. “Hasil pendataan sementara dari pengakuan pelaku selama 5 tahun beraksi sudah ada sebanyak sekitar 40 TKP.”

“Untuk TKP Depok aksi pelaku sempat viral di media sosial berupa rekaman cctv sedang mencuri HP korban saat sedang makan,” tutup Iptu Heri. (*)