BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
TNI Angkatan Laut, gagalkan penyeludupan 79 kilogram sabu di Muara Sungsang

TNI Angkatan Laut, gagalkan penyeludupan 79 kilogram sabu di Muara Sungsang

Penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi intelijen yang diterima oleh Komandan Lanal Palembang yang langsung memberi perintah kepada Tim F1QR Lanal Palembang untuk melaksanakan patroli dengan ketat, (30/10/19).

Kabupaten Banyuasin, (MI) - TNI Angkatan Laut melalui TIM F1QR (Fleet One Quick Response) Lanal Palembang Lantamal III Koarmada I berhasil menangkap 1 buah speed 40 PK beserta 2 orang ABK yang membawa 79 Kg Narkotika jenis sabu di Muara Sungsang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Senin (28/10).

Dalam Confrence Persnya, Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Saryanto menyampaikan kronologis kejadian penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi intelijen yang diterima oleh Komandan Lanal Palembang yang langsung memberi perintah kepada Tim F1QR Lanal Palembang untuk melaksanakan patroli dengan ketat.

Saat sedang melaksanakan patroli, Tim F1QR Lanal Palembang mendapati speed yang mencurigakan dan kemudian langsung melaksanakan Prosedur Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan (Jarkaplid) terhadap speed mencurigakan tersebut.

Melalui pengejaran yang melibatkan Patkamla Gelasa, akhirnya speed tersebut dapat dihentikan. Selanjutnya Tim F1QR Lanal Palembang melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap muatan speed. Dari hasil pemeriksaan speed tersebut, Tim berhasil menemukan 4 koper yang terindikasi berisi Narkotika jenis Sabu sebanyak 79 Kg yang dikemas rapi.

Tim F1QR Lanal Palembang melaporkan penangkapan tersebut kepada Danlanal Palembang dan selanjutnya Danlanal memerintahkan agar speed dengan 2 orang ABK serta barang bukti untuk dibawa ke Mako Lanal Palembang dengan pengawalan ketat dan selanjutnya diamankan di Mako Lanal Palembang guna penyelidikan lebih lanjut. Sampai dengan saat ini, petugas masih melaksanakan pemeriksaan dan pengembangan terhadap tersangka.

"Penangkapan narkoba di wilayah kerja Koarmada l bukan pertama kali ini, namun telah berulang kali, hal ini menunjukkan keseriusan Koarmada l dalam memberantas peredaran Narkoba melalui jalur-jalur emas yang berada di perairan yurisdiksi nasional Indonesia, utamanya di wilayah kerja Koarmada l. Hal tersebut sesuai komitmen Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., dalam menindak tegas segala bentuk pelanggaran hukum dan tindakan illegal di laut tanpa pandang bulu". []
 

TERHANGAT