Loading...

BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR  
Dithubad Gelar Seminar Nasional

Dithubad Gelar Seminar Nasional

Wujudkan Kedaulatan  Telekomunikasi dan Keamanan Siber, Dithubad Gelar Seminar Nasional, (20/11/2019).

Cimahi, (MI) - Salah satu upaya Direktorat Perhubungan Angkatan Darat (Dithubad) dalam menghadapi perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0, yaitu dengan cara mewujudkan kedaulatan telekomunikasi dan keamanan siber.

Demikian disampaikan Direktur Perhubungan Angkatan Darat (Dirhubad), Brigjen TNI Widjang Pranjoto saat membuka Seminar Nasional bertema "Kedaulatan Telekomunikasi dan Keamanan Siber", yang digelar di Pusdikhub Kodiklat TNI AD, Cimahi, Selasa (19/11/2019).

Diungkapkan Widjang, seminar nasional ini digelar sebagai upaya untuk menghadapi tuntutan dan tantangan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Ilpengtek) yang sangat pesat khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi, sekaligus dalam rangka rangkaian kegiatan HUT ke-74 Perhubungan Angkatan Darat.

"Seminar ini sebagai rangkaian HUT ke-74 Dithubad, sekaligus upaya untuk mengahadapai tantangan perkembangan Ilpengtek di era revolusi 4.0," katanya.

Dihadapan ratusan peserta seminar, lulusan Akmil 1989 ini pun menjelaskan, bahwa fenomena yang terjadi saat ini, banyak serangan yang menggunakan berbagai teknik dan metodologi dengan target utama infrastruktur kritis, seperti telekomunikasi dan informasi milik pemerintahan, militer, perbankan dan lain sebagainya.

"Untuk menghadapi itu semua, perlu adanya regulasi yang jelas sebagai acuan serta landasan kerja bagi seluruh elemen dalam melindungi sistem komputer dan komponennya," tegas Widjang.

Untuk mewujudkannya, tegas mantan Daspusdikhub tersebut, dengan melakukan perbaikan seperti regulasi, pemberdayaan industri telekomunikasi dalam negeri serta kebijakan dan strategi keamanan siber serta holistik dan komprehensif.

Ia pun berharap melalui kegiatan seminar ini, dapat merumuskan suatu konsep tentang kedaulatan telekomunikasi dan strategi keamanan siber, dalam upaya peningkatan pertahanan negara.

"Saya berharap kedepan tidak terjadi kembali kebocoran data akibat penyadapan dan peretasan terhadap sistem informasi oleh pihak luar," katanya.

Perlu diketahui bahwa dalam kegiatan seminar nasional ini menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Direktur Pengendalian Informasi Investigasi dan Forensik Digital BSSN, Brigjen TNI Bondan Setiawan, Dirjen SDPPI Kemkominfo, Dr. Ismail, M.T, dan CTO PT. Datacomm Diangraha, Luk Phin Tirto Kuntjoro serta narasumber lainnya yang berkompeten terkait keamanan siber dan telekomunikasi.

Hadir dalam kegiatan ini Danpusdikhub Kodiklatad Kolonel Chb Fitry Taufiq Sahary, S.E, M.M dan sejumlah pejabat di lingkungan TNI, akademisi, komunitas siber serta para pejabat jajaran perhubungan Kodam melalui Vicon (Video Conference).

Selain menggelar seminar nasional dalam rangka menyambut HUTnya ke-74 tahun 2019, Dithubad juga menggelar sejumlah kegiatan seperti Lomba Ketahanan Siber Dirhubad Cup, Lomba Ketangkasan Jaringan Dirhubad Cup, Donor Darah, Ziarah dan lain sebagainya.  Acara puncak akan digelar di Pusdikhub Kodiklat TNI AD pada hari Sabtu 23 November 2019 mendatang.