Loading...

BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
Jembatan penghubung desa di khawatirkan ambruk

Jembatan penghubung desa di khawatirkan ambruk

Kondisi jembatan yang merupakan jembatan penghubung utama di desa Hidup Baru sudah sangat layak untuk diperbaiki. Sebab, selain sangat membahayakan bagi masyarakat, jembatan ini juga merupakan penunjang perekonomian masyarakat Desa Hidup Baru. Untuk itu, masyarakat berharap sekali agar jembatan dapat segera diperbaiki.

MUARA ENIM,(MI)- Jembatan penghubung di Desa Hidup Baru, Kecamatan Benakat, Kabupaten Muara Enim, kini kondisinya sungguh sangat memperihatinkan. Soalnya, kondisi lantai jembatan dan juga kekuatan jembatan sudah sangat memprihatinkan, akibatnya jembatan ini terancam roboh (1/11/2019).

Dari pantauan dilapangan, Kondisi jembatan yang merupakan jembatan penghubung utama di desa Hidup Baru sudah sangat layak untuk diperbaiki. Sebab, selain sangat membahayakan bagi masyarakat, jembatan ini juga merupakan penunjang perekonomian masyarakat Desa Hidup Baru. Untuk itu, masyarakat berharap sekali agar jembatan dapat segera diperbaiki.


Salah satu warga setempat Edi (43) mengatakan, kalau jembatan ini sudah cukup lama rusak. Apalagi setiap tahun kondisinya semakin memprihatinkan. Untuk itu, ia berahap pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui SKPD terkait, khususnya agar dapat memperbaiki jembatan ini.


"Jembatan ini merupakan penghubung di desa kita. Kita sangat berharap agar jembatan ini segera diperbaiki atau dibangun baru cor beton. Liatlah kondisinya sekarang sangat membahayakan sekali," ujarnya. 



Terpisah, Kepala Desa Hidup Baru Antoni saat dikonfirmasi (30/10) mengatakan, jembatan penghubung ini menjadi satu satunya jalan utama menuju keluar dan masuk desa. Saat ini kondisinya sudah sangat memperihatinkan sekali. Apalagi tempat lalu lalangnya warga di desa ini, baik menuju kebun, mengakut hasil kebun dan lainnya.

"Pengusulan, sudah kita lakukan selama tiga tahun terakhir kita usulkan melalui Musrenbang," kata dia.


"Bahkan proposal permohonannya sudah langsung kita antarkan ke dinas terkait, dengan tembusan Bupati dan Ketua DPRD Muara Enim. Tapi, tidak tahu sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya," tambahnya.


Sedangkan, kata dia, upaya pemerintah desa melakukan perbaikan yang seadanya di lakukan sudah hampir setiap minggu, seperti dengan melakukan pengelasan. Tapi, itu tidak bertahan lama. Untuk itu, perbaikan secara menyeluruh dijembatan ini musti dilakukan, agar masyarakat dapat menikmati infrastruktur yang sangat layak. Jika tidak dikhawatirkan ada korban jiwa, akibat kondisi jembatan seperti ini.


"Sekali lagi, kami selaku pemerintah desa memohon perhatian kepada pemkab dan pihak terkait, agar dapat segera melakukan pembuatan jembatan baru. Yang berbentuk jembatan cor beton," harapnya mewakili warga setempat.(Ali)