Loading...

BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR  
Pilkada 2020, PDIP: Jaring Calon Kepala Daerah untuk 4 Wilayah di Banten

Pilkada 2020, PDIP: Jaring Calon Kepala Daerah untuk 4 Wilayah di Banten

Tahap wawancara bagi setiap calon di kantor DPD PDIP Banten, (24/11/2019).

Serang, (MI) - DPD PDIP Banten mulai menjaring calon kepala daerah di empat wilayah di Banten untuk Pilkada 2020. Seleksi dilakukan bagi pendaftar calon kepala daerah untuk wilayah Tangerang Selatan (Tangsel), Kota Cilegon, Kabupaten Serang, dan Pandeglang.

Seleksi sendiri dimulai dengan tahap wawancara bagi setiap calon di kantor DPD PDIP Banten, Ciracas, Serang, dilansir detikcom Sabtu (23/11/2019). Tahap pertama, seleksi dilakukan untuk para calon dari wilayah Tangsel.

Ketua desk pilkada DPD PDIP Banten, Muhlis, menjelaskan ada 19 orang yang mendaftar calon kepala daerah Tangsel. Sebelas orang di antaranya akan diwawancarai mengenai visi-misi calon.

"Kita ingin mendengarkan masing-masing calon terkait visi-misi mereka, keseriusan mereka, dan kesediaan dalam menjalankan program kepartaian," kata Muhlis kepada wartawan.

Sementara untuk delapan kandidat lainnya akan menjalani wawancara visi misi pada Minggu (24/11) besok. DPD PDIP Banten juga akan melakukan wawancara terhadap seorang calon yang mendaftar di pilkada Cilegon, empat calon untuk Pandeglang, dan enam calon untuk Serang.

Setelah proses penyampaian visi-misi, DPD akan melakukan pemetaan dan survei tiap kandidat. Pada 25 Desember berkas calon akan diserahkan ke DPP untuk diputuskan siapa yang akan diusung menjadi calon kepala daerah.

Salah satu kandidat dari Tangsel, Ade Irawan, mengaku mengikuti proses wawancara penjaringan oleh PDIP sebagai bagian dari proses yang harus ia lewati. Proses penjaringan seperti ini menurutnya bagian penting dari berdemokrasi.

"Proses ini menunjukkan PDIP sebagai partai politik telah menunjukkan peran pentingnya berdemokrasi. Ada ruang terbuka yang memungkinkan setiap warga terlibat dan ikut ambil bagian dalam kontestasi dan ini harus diapresiasi," kata aktivis ICW ini kepada wartawan.

Beberapa nama yang hari ini mengikuti penjaringan untuk Pilwalkot Tangsel 2020 antara lain Yusnianto, Yardin Z, Fahd Pahdepie, Suryadi, Suhendar, dan Heri Gagarin.