BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
Wabah COVID-19: 126 calon pengantin di Tangsel akan melangsungkan pernikahan

Wabah COVID-19: 126 calon pengantin di Tangsel akan melangsungkan pernikahan

Doc. Ilustrasi

126 pasangan pengantin ini tersebar di sejumlah kecamatan di Tangsel.

Tangerang Selatan- Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan mencatat 126 calon pengantin yang melangsungkan pernikahan hingga akhir Maret 2020 ini, meski wabah Corona terus menggila.

126 pasangan pengantin ini tersebar di sejumlah kecamatan di Tangsel yaitu Pamulang (26) Ciputat (15), Ciputat Timur (21), Pondok Aren (39), Serpong (7), Serpong Utara (12), Setu (6). “Tapi ada juga yang menunda waktu, 7 pasangan,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan, Abdul Rojak, Jumat (27/3/2020).

Rojak menjelaskan, tak masalah jika pasangan ingin segera melangsungkan pernikahan dan bisa dilakukan di KUA Kecamatan masing-masing.

Tapi prosesi akad nikah dilakukan dengan ketat dan ada beberapa syarat yang harus dipatuhi calon pengantin dan keluarga. Seperti misalnya, jumlah orang yang ikut proses akad nikah dalam ruangan dibatasi tidak lebih dari 10 orang.

Calon pengantin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus telah membasuh tangan dengan sabun atau hand sanitizer. “Dan harus menggunakan masker,” kata Rozak.

Begitu juga dengan petugas, wali nikah dan calon pengantin pria harus menggunakan sarung tangan dan masker pada saat ijab kabul.Akad nikah, kata Rozak, bisa juga digelar diluar KUA. Namun, Rozak menekankan, pelayanan akad nikah di luar KUA saat wabah virus Corona ini yang perlu diperhatikan adalah ; ruangan prosesi akad nikah di tempat terbuka atau di ruangan yang berventilasi sehat. “Jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan tidak lebih dari 10 orang.”

Setelah prosesi akad nikah selesai, calon pengantin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus membasuh tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan tetap menggunakan masker.

Rojak menambahkan, sementara ini KUA meniadakan semua jenis pelayanan selain pelayanan administrasi dan pencatatan nikah yang berpotensi menjalin kontak jarak dekat serta menciptakan kerumunan seperti bimbingan perkawinan bagi calon penganti., konsultasi perkawinan, bimbingan klasikal.
 

TERHANGAT