Loading...

BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
Bank-bank dan perusahaan leasing, mulai umumkan akan memberikan restrukturisasi

Bank-bank dan perusahaan leasing, mulai umumkan akan memberikan restrukturisasi


Bank-bank dan perusahaan leasing mulai mengumumkan jika mereka akan memberikan restrukturisasi untuk nasabah yang terdampak Covid 19. 

Jakarta - Sejumlah bank mulai menjalankan program stimulus yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satunya adalah program keringanan cicilan dan perpanjangan jangka waktu tertentu.

Bank-bank dan perusahaan leasing mulai mengumumkan jika mereka akan memberikan restrukturisasi untuk nasabah yang terdampak Covid 19. Nasabah tersebut harus memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan jika ingin mendapatkan keringanan, dilansir detikcom, (2/4/2020).

Berikut daftar perusahaan leasing dan bank yang memberikan relaksasi:

Leasing

Asosiasi perusahaan pembiayaan Indonesia (APPI) telah mengumumkan jika anggotanya akan memberikan restrukturisasi tersebut. APPI juga telah mensyaratkan kepada nasabah yang akan mendapatkan keringanan yakni nasabah terkena dampak langsung Covid 19 dengan nilai pembiayaan di bawah Rp 10 miliar.

Nasabah juga harus bekerja di sektor informal atau pengusaha UMKM. Lalu nasabah tidak memiliki tunggakan sebelum 2 Maret 2020 saat pemerintah RI mengumumkan virus corona. Lalu nasabah juga harus menjadi pemegang unit kendaraan atau jaminan. Kriteria lainnya ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan.

Tata cara pengajuan keringanan ini berlaku mulai 30 Maret 2020 dan dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan restrukturisasi dapat dilakukan dengan mengisi formulir yang diunduh dari website resmi perusahaan pembiayaan. Selanjutnya pengembalian formulir dilakukan melalui email. Kemudian persetujuian akan diinformasikan oleh perusahaan pembiayaan melalui email.

Setelah proses tersebut untuk nasabah yang mendapatkan persetujuan keringanan agar melakukan pembayaran dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan perjanjian restrukturisasi yang telah disepakati bersama.

Untuk nasabah yang tidak terdampak wabah corona tetap melakukan pembayaran angsuran sesuai dengan perjanjian. Hal ini agar terhindar dari sanksi denda dan catatan negatif di dalam sistem layanan informasi keuangan (SLIK).

Berikut daftar perusahaan leasing yang memberikan keringanan :

- FIF Group memberikan penurunan besaran angsuran melalui perpanjangan jangka waktu dan penurunan suku bunga serta solusi lain sesuai ketentuan.

- WOM Finance akan memberikan solusi berupa program keringanan angsuran dan perpanjangan waktu cicilan.

- Mandiri Tunas Finance memberi keringanan dalam bentuk penundaan pembayaran kewajiban, keringanan yang disesuaikan dengan kondisi atau jenis usaha pelanggan.

- CSUL Finance memberikan keringanan pembiayaan seperti perpanjangan jangka waktu dan penundaan sebagian pembayaran.
Daftar bank di halaman berikutnya

Bank

Bank juga jadi salah satu lembaga keuangan yang memberikan keringanan untuk nasabah yang terdampak Covid 19. Dimulai dari bank-bank milik negara yang siap memberikan keringanan.

Bank-bank lain juga mengikuti arahan dari pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan

(OJK) untuk meringankan nasabah. Namun bank juga memberlakukan sejumlah syarat untuk nasabah yang ingin mendapatkan perpanjangan jangka waktu angsuran hingga penundaan pembayaran cicilan.

Mulai dari bank umum konvensional, bank pembangunan daerah hingga bank perkreditan rakyat (BPR) juga menawarkan keringanan tersebut.

Bank Umum Konvensional

Empat Bank Himbara (Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN)

PaninBank

PermataBank

BTPN

DBS

Bank Index

Bank Ganesha

NOBU

Bank Victoria

Bank Jasa Jakarta

bank bjb

Bank BPD Bali

Bank NTT

Bank Sumut

Bank Sumselbabel

Bank Jateng

BPR Lugas Ganda

BPR Talenta Raya

Bank Syariah Mandiri

BNI Syariah

Bank Syariah Bukopin

Bank NTB Syariah

PermataBank Syariah

Bank Muamalat

Bank Mega Syariah

Bank bjb Syariah

BRI Syariah

BTPN Syariah

Bank Net Syariah.