KPAI minta Kemendikbud dan Kemenag belajar dari negara lain - MEDIA INVESTIGASI

Breaking

Home Top Ad

Loading...

Post Top Ad

Sunday, 31 May 2020

KPAI minta Kemendikbud dan Kemenag belajar dari negara lain

Doc.ilustrasi

Pembukaan sekolah juga disertai dengan persiapan yang matang dan benar-benar dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, (31/5).

Jakarta- Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mendorong Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Kementerian Agama agar belajar dari negara lain yang baru membuka sekolah setelah kasus menurun, bahkan zero, seperti di Cina. Meski dengan menerapkan portokol kesehatan, ternyata ditemui kasus baru karena siswa dan guru tertular Covid-19. Sekolah malah menjadi kluster baru. 

"Negara seperti Cina saja membuka sekolah setelah kasus Covid-19 zero selama 10 hari. Pembukaan sekolah juga disertai dengan persiapan yang matang dan benar-benar dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Bahkan di Cina, para guru yg akan mengajar sudah menjalani isolasi dahulu selama 14 hari sebelum sekolah dibuka," ucap Retno melalui siaran pers, Jumat 29 Mei 2020.

Pihaknya mendorong Pemerintah dan Gugus Tugas Covid 19 untuk melibatkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan para pakar epidemiologi sebelum membuka sekolah pada tahun ajaran baru 2020/2021, tepatnya Juli 2020 nanti. 

IDAI sebagai ahli, menurut Retno harus didengar dan dipergunakan rekomendasinya terkait rencana Kemdikbud dan beberapa Dinas Pendidikan Daerah membuka sekolah kembali.

No comments: