50 KKSB Lakukan Perlawanan Kepada Tim Gabungan, Satu Orang Tewas -->

Breaking news

Live
Loading...

50 KKSB Lakukan Perlawanan Kepada Tim Gabungan, Satu Orang Tewas

Tuesday 27 October 2020



Kelompok Kriminal bersenjata berjumlah 50 orang dengan membawa 17 senjata api yang terdiri dari orang dewasa dan melibatkan anak remaja namun dipersenjatai sebagai strategi tameng hidup KKSB kelompok Sabinus Waker.


Papua- Bertempat di Kampung Jalai Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya telah terjadi Kontak Tembak antara Tim gabungan TNI – Polri dengan kelompok KKB Pimpinan Sabinus Waker. Senin (26/10/2020).


Kronologis kejadian tepatnya pada hari dan tanggal tersebut di atas pukul 05.00 Wit bertempat di Kampung Jalai, telah terjadi kontak tembak antara Tim gabungan TNI–Polri dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pimpinan Sabinus Waker. Pada saat kejadian diketahui Kelompok Kriminal bersenjata berjumlah 50 orang dengan membawa 17 senjata api yang terdiri dari orang dewasa dan melibatkan anak remaja namun dipersenjatai sebagai strategi tameng hidup KKSB kelompok Sabinus Waker.


Pada saat kontak tembak tersebut, 50 orang bersenjata melakukan perlawanan kepada Tim gabungan TNI-Polri, sehingga diambil tindakan tegas terukur dan berhasil melumpuhkan dua tersangka atas nama Rubinus Tigau dan Hermanus Tipagau.


Tersangka an. Rubinus Tigau mengalami luka tembak dan meninggal dunia di TKP, sedangkan untuk pelaku an. Hermanus Tipagau masih dalam kondisi hidup dan saat ini telah diamankan oleh Tim Gabungan TNI-Polri untuk proses hukum lebih lanjut.


Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH, mengatakan dua orang anggota KKSB tersebut, terlibat dalam penembakan tim TGPF. Penembakan dipimpin oleh Sabinus Waker pada tanggal 9 Oktober 2020 lalu. Sehingga Bambang Purwoko (anggota TGPF) dan dua anggota TNI-AD terluka.


Sabinus Waker merupakan adik dari Ayub Waker yang meninggal pada tahun 2019 lalu. Saat ini Sabinus Waker tidak punya pekerjaan tetap. Kehidupan sehari-hari dia mendatangi masyarakat melakukan pemerasan untuk dia dan kelompoknya. Masyarakat di luar Freeport sering diperas.


Kemudian di lintasan Freeport sering melakukan penembakan dan merampok. Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Sabinus Waker ini memiliki senjata api berjumlah 17 (tujuh belas) pucuk. KKSB kelompok Sabinus Waker itu menamakan diri kelompok “Kemabu” dengan jumlah anggota 50 orang.


Catatan Kriminal KKSB kelompok Sabinus Waker yakni pernah terlibat dalam beberapa aksi yang tidak berperikemanusiaan. KKSB kelompok Sabinus Waker tercatat memiliki peran penting pada rangkaian kejahatan kriminal yang terjadi di berbagai wilayah di Papua antara lain, Insiden penyerangan anggota Brimob di tahun 2015. Satu Brimob yang diperbantukan dari Sulawesi Selatan meninggal dunia ditembak. Sabinus Waker merebut dua senjata laras panjang milik Brimob. Senjata jenis senapan serbu Steyr AUG tersebut diduga digunakan saat menyerang anggota Brimob, Sabtu (21/10/2017). Dugaan ini didasarkan dari kemampuan Steyer yang bisa menembak dari jarak jauh, lantaran dilengkapi dengan teleskop.


Kabid Humas Polda Papua menegaskan bahwa TNI-polri akan terus melakukan penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata yang mengganggu stabilitas keamanan di Tanah Papua.


Berikut adalah daftar rekam jejak kriminal KKSB kelompok Sabinus Waker selama tahun 2020:

1. Kejadian Kontak Tembak KKB Kemabu Dengan Yonif 433 yang Terjadi di Kampung Titigi Intan Jaya pada Tanggal 14 Januari 2020.


2. Kejadian Kontak Tembak KKB Kemabu dengan Kostrad 433 di Kampung Joparu Distrik Sugapa Intan Jaya pada Tanggal 26 Januari 2020 mengakibatkan 1 orang Jekson S (Luka Tembak).


3. Kejadian Kontak Tembak Dengan TNI di Kampung Jouparu Distrik Sugapa Intan Jaya pada Tanggal 16 Februari 2020.


4. Kejadian Pembakaran Kios dan Alat Berat oleh KKB Kemabu yang terjadi pada Tanggal 6 Februari 2020 Mengakibat kan Sejumlah Alat Berat dan Kios serta Kantor Desa Terbakar.


5. Kejadian Kontak Tembak KKSB Kemabu dengan Koramil Persiapan di Distrik Hitadipa Intan Jaya pada tanggal 27 Maret 2020.


6. Kejadian Kontak Tembak KKB Kemabu Dengan TNI di Kampung Mbamogo Distrik Homeo Intan Jaya pada Tanggal 19 Mei 2020.


7. Kejadian Penembakan terhadap Petugas Medis yang Akan Melaksan sosialisasi Covid 19 oleh KKB Kemabu di Distrik Wandai Intan Jyaya yang mengakibatkan Heniko (MD) Alex(LukaTembak) pada tanggal 22 Mei 2020.


8. Kejadian Penembakan Terhadap Masyarakat Sipil di Magataga (Batas anatara Intan Jaya /Pania) Mengakibatkan seorang Petani Yunus Sani (MD) pada tanggal 29 Mei 2020.


9. Kejadian Penembakan Terhadap Tukang Ojek oleh KKB Kemabu di Intan Jaya mengakibatakan La Ode Janudin (MD) pada tanggal 15 Agustus 2020.


10. Kejadian Pembakaran Terhadap Alat berat Oleh KKB Kemabu di Intan Jaya yang Mengakibatkan Sejumlah Escavator Terbakar pada tanggal 18 Agustus 2020.


11. Kejadian Penembakan Terhadap 2 tukang Ojek oleh KKB Kembau di Distrik Sugapa Intan Jaya yang mengakibatkan La ode (Luka luka) Fatur (Luka Luka) pada Tanggal 14 September 2020.


12. Kejadian Penganiayaan terhadap Masyarakat sipil Yang di lakukan Oleh Kelompok KKSB Kemabu Kampung Bilogai distrik Sugapa mengakibatkan Badawi (MD) pada tanggal 17 September 2020.


13. Kejadian Kontak Tembak Satgas Apter dengan KKB Kemabu di Kampung Hitadipa Intan Jaya yang Mengakibatkan Serka Sahlan(MD) dan Kehilangan 1 pucuk FNC dan 25 amunisi pada tanggal 17 September 2020.


14. Kejadian Penembakan Pesawat yang akan mengevakusi Serka Sahlan (MD) oleh KKSB kembau pada tanggal 18 September 2020.


15. Kejadian Kontak Tembak Satgas Apter dengan KKB Kemabu di kampung Hitadipa Intan Jaya yang Mengakibatkan Prati Dwi Akbar(MD) pada tanggal 19 September 2020.


16. Kejadian Penembakan terhadap Aparat Kampung Oleh KKSB kembau di depan Kantor Bupati Intan Jaya Pada Tanggal 23 September 202018. Aksi Kontak tembak KKSB Kemabu dengan Personil Koramil Persiapan Hotadipa yang menimbulkan Korban An. Pdt. Yeremias Y (Meninggal Dunia) 19 september 2020.


17. Aksi Kontak tembak KKB Kemabu dengan aparat keamanan TNI di bandara Sugapa, 25 September 2020.


18. Aksi Penembakan KKB Kemabu terhadap Mapolsek Sugapa, 30 September 2020.


19. Aksi penembakan KKB Kemabu Terhadap Rombongan Dir Krimum dan Dansat Brimob Polda Papua di distrik Sugapa, 4 Oktober 2020.


20. Aksi Kontak tembak KKB Kemabu dengan personil TNI-Polri di Kodim Apter Distrik Sugapa, 5 Oktober 2020.


21. Aksi Penembakan KKB Kemabu Terhadap Pewarta an. Agustinus Duwitau di Damogoa, menyebabkan korban an. Agustinus D (Luka) 7 Oktober 2020.


22. Aksi Penembakan KKSB Kemabu Terhadap Pewarta an. Agustinus Duwitau di Damogoa, menyebabkan korban an. Agustinus D (Luka) 7 Oktober 2020.


23. Aksi Penembakan KKSB Kemabu terhadap Pesawat di bandara Bilogai, Sugapa. 8 Oktober 2020.


24. Aksi Penembakan KKSB Kemabu terhadap rombongan Tim pencari Fakta Kemenkopolhukam di distrik Sugapa, menyebabkan 3 Korban an. Bambang (luka), Sertu Faisal (Luka) dan Pratu Ginanjar (Luka) 9 Oktober 2020.


25. Aksi Kontak tembak KKB Kemabu dengan personil Yonif 400 di Distrik Hitadipa, 11 Oktober 2020.


26. Aksi Kontak tembak KKB dengan Tim Elang 3 Satgas Yonif 400 di Boligai Sugapa, 12 Oktober 2020.