RS UMMI Bogor: Tempat dirawat Habib Rizieq sudah pulang, Satgas minta sampaikan hasil swab -->

Breaking news

Live
Loading...

RS UMMI Bogor: Tempat dirawat Habib Rizieq sudah pulang, Satgas minta sampaikan hasil swab

Sunday 29 November 2020



"Habib Rizieq meninggalkan rumah sakit bersama istrinya"


Jakarta - Habib Rizieq Syihab meninggalkan RS UMMI Bogor tempatnya dirawat di tengah polemik swab test. Habib Rizieq diketahui meninggalkan RS UMMI tadi malam.

"Insyaallah (sudah pulang dari RS UMMI). HRS pulang menurut info RS tadi malam," kata Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar saat dimintai konfirmasi, Minggu (29/11/2020).

Habib Rizieq meninggalkan rumah sakit bersama istrinya. Aziz menyebut saat ini Habib Rizieq bersama istrinya sudah berada di kediaman mereka di Petamburan, Jakarta Pusat."Iya (pulang bersama istrinya). Di rumahnya insyaallah," ujarnya. 

Aziz mengatakan kondisi Habib Rizieq baik. Pemimpin FPI itu disebut berada dalam kondisi fisik dan mental yang baik.

"Kondisi baik, sehat fisik dan mental, tidak seperti yang benci beliau, yang sakit mental dan jiwanya," kata Aziz.

Satgas minta RS UMMI sampaikan hasil swab Rizieq.

Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor menyatakan menghormati privasi Habib Rizieq Syihab, yang saat ini dirawat di RS UMMI dan tidak akan mempublikasikan data pasien. Namun Satgas menekankan kewajiban pihak rumah sakit untuk menyampaikan hasil swab Rizieq kepada Satgas.

Hal itu disampaikan Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Satgas COVID-19 Kota Bogor Agustian Syah dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Pemerintah Kota Bogor, Sabtu (28/11/2020). Agustian awalnya mengungkapkan Satgas COVID-19 Bogor telah mengupayakan agar Habib Rizieq Syihab, yang saat ini dirawat di RS UMMI, melakukan tes swab ulang, tapi upaya itu mendapat penolakan dari pihak keluarga Rizieq, dilansir detikcom, (29/11).

"Jadi memang kemarin itu kita sudah melakukan swab ulang kepada pasien tersebut, hanya ada penolakan dari pihak keluarga," kata Agustian Syah.


"Upaya swab ulang telah kami lakukan dari kemarin. Saat ada informasi bahwa pasien tersebut telah melakukan swab, kami minta dilakukan swab ulang. Tapi keluarga yang bersangkutan kurang berkenan, karena alasannya baru saja di-swab. Kita akan melakukan langkah ulang," ujarnya.

Meski demikian, Agustian Syah menyebut pihak RS UMMI berkewajiban memberitahukan hasil swab Rizieq kepada Satgas COVID-19 Kota Bogor. Menurutnya, kewajiban menyampaikan hasil swab bukan di pihak pasien, melainkan pihak rumah sakit.

"Dan memang kewajiban untuk melakukan hasil swab-nya ada di pihak RS, bukan di pihak pasien. Sekali lagi kami tekankan, kami sangat menghargai privasi pasien, kami tidak pernah mem-publish data pasien, tapi pihak RS berkewajiban menyampaikan hasil data swab yang telah mereka lakukan kepada Satgas COVID Kota Bogor," ungkap Agustian Syah.

Pihak Habib Rizieq sebelumnya mengungkapkan tidak ingin mempublikasikan hasil swab test pemimpin FPI itu. Agustian Syah menjelaskan kepentingan mengetahui hasil swab pasien untuk pendataan jumlah pasien di Kota Bogor.

"Kami tekankan, sekali lagi, kami dari Satgas COVID Kota Bogor tidak pernah mem-publish data pasien. Ini jadi reminder bagi kita semua bahwa kami tidak pernah mem-publish data pasien. Kepentingan kami adalah mencatat data jumlah pasien yang memang masuk ke Kota Bogor, dirawat di Kota Bogor," ujarnya.

Agustian Syah menghargai privasi pasien yang tidak ingin identitasnya dipublikasikan. Agustian Syah sekali lagi menekankan tidak pernah mempublikasikan data pasien.

"Surat terakhir dari pasien meminta kepada ketua Satgas yang (menyatakan) keberatan apabila data di-publish, itu adalah hak pasien. Kami sangat menghargai privasi pasien dan kami di Satgas tak pernah mem-publish data pasien," katanya.