BI cabang Lampung sosialisasi UPK 75 ribu dalam kegiatan Rakerwil IWO Lampung -->

Breaking news

Live
Loading...

BI cabang Lampung sosialisasi UPK 75 ribu dalam kegiatan Rakerwil IWO Lampung

Tuesday 1 December 2020



Bandar Lampung,- Dalam rangka Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) dan Gathering Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online (PW IWO) Lampung yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Marcopolo, Jum'at (27/11/2020).

Acara yang dihadiri Ketua Umum PP IWO Jodhi Yudono, Sekretaris jenderal IWO Duwik Kristianto, Bendahara Umum IWO Lia, forkopimda Lampung dan walikota Bandar Lampung mengusung tema " Berfikir tanpa batas, bekerja dengan cerdas ", dibuka oleh Gubernur Lampung yang di wakili oleh Kadis Kominfo Lampung Chrisna putra.

Turut hadir dalam acara itu Bank Indonesia (BI) Cabang Lampung yang di wakili oleh Ridho Harnanto, I Made yoga Setiawan dari tim implementasi pengelolaan uang rupiah dan Lintang Anggraini dari divisi kehumasan.

Kehadiran perwakilan BI selain sebagai peserta, mereka juga diberi kesempatan untuk presentasi sekaligus sosialisasi  Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK 75).

Seperti diketahui BI pada tahun ini tepatnya tanggal 17 Agustus 2020 telah meluncur uang pecahan kertas edisi khusus kemerdekaan RI yang ke-75 tahun dengan nominal Rp.75.000;
Uang yang dicetak terbatas, yang hanya berjumlah 75 ribu lembar untuk seluruh Indonesia dan provinsi Lampung mendapatkan kuota 1.800 lembar.

Ada pun beberapa ciri khusus dari uang ini, Ketika dilihat warna dominan merah putih, terdapat gambar bunga anggrek bulan yang didalamnya terdapat logo Bank Indonesia, gambar tersembunyi (latent image) berupa angka 75, nomor seri yang meliputi 3 huruf dan 6 angka, terdapat benang pengaman anyaman yang memuat tulisan "BI".

Ketika diraba hasil cetak yang terasa kasar, terdapat kode tuna netra (blind code) berupa efek rabaan (tactile).
Ketika diterawang terdapat tanda air (watermark) berupa gambar pahlawan Nasional ir.Soekarno dan m.Hatta, gambar saling isi (Rectoverso) dari logo BI.

"Sampai saat ini baru sekitar 4% uang yang sudah tersebar melalui penukaran baik secara langsung ataupun melalui online dari total 1.800 lembar yang tersedia " menurut I Made yoga Setiawan ketika memberikan presentasi.

 (id)