Polda NTB Jumpa Pers Akhir Tahun 2020 Semua Media di Undangnya

Advertisement

Polda NTB Jumpa Pers Akhir Tahun 2020 Semua Media di Undangnya

: Tim Media Investigasi
Wednesday, 30 December 2020


NTB – Untuk menguatkan komunikasi antara pihak kepolisisan dengan media, Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Jumpa Pers akhir tahun untuk tahpun 2020, di lapangan tenis Mako Polda NTB, Kota Mataram, Selasa, (29/12).
 
Acara yang di inisiasi Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda NTB itu dihadiri Kapolda NTB Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K, M. H., Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, S.I.K, M. Si., Wakil Ketua DPRD NTB H. Mori Hanafi, Kepala Ombudsman yang di wakili Asisten Bidang pemeriksaan laporan Sahabudi Sekretaris dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kominfo NTB dan segenap jajaran Polda NTB serta pimpinan redaksi dan awak media yang ada di NTB.
 
Dalam kesempatan itu Kapolda NTB memberikan  sejumlah capaian sepanjang tahun 2020, dimulai dari situasi ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang mengalami peningkatan.

Di jelaskan kasus kejahatan tahun 2020 di NTB mengalami penurunan sebanyak 786 kasus di banding tahun 2019.

“secara umum penyelesaian kasus kejahatan 3C (curat, curat, curanmor) tahun 2020 mengalami peningkatan sebanyak 4% jika dibanding tahun sebelumnya,”terangnya.

Sedangkan kasus kejahatan konvensional seperti Street Crime, 3C, Pemerkosaan, Kebakaran, Anirat, Pembunuhan, Judi dan Penyalah gunaan Senpi pada tahun 2020 ini terjadi penurunan sebanyak 798 kasus dibandingtahun 2019.

Menurut data yang di beberkan Kapolda saat acara berlangsung data kejahatan 3C selama tahun 2020 mengalami penurunan sebanyak 866 kasus dibandingkan dengan tahun tahun sebulumnya. 

"Kekerasan 3C dengan korban WNA juga menurun dari 25 kasus di tahun 2019 menjadi 8 kasus di tahun 2020 ini," terangnya. 

Berikutnya kasus yang sering menjadi perhatian masyarakat yakni kejahatan terhadap kekayaan Negara seperti Korupsi, Ilegal fishing, IlegaMining, IlegalLoging, Perbankan, Migas, Cyber Crime secara umum mengalami penurunan, sebanyak 7 kasus di banding tahun 2019.

Sementara untuk kasus menonjol seperti perkelahian antar kampung atau warga, perkelahian antar pelajar, pembunuhan, penembakan OTK, penculikan, Dukun sanili, perkelahian supporter bola, terror bom, curas dengan Senpi Rakitan, curas dengan sajam, penembakan anggota polri secara umum mengalami penurunan sebanyak 35 kasus.

Unjuk rasa (Unras) juga mengalami penurunan sebanyak 429 kasus di tahun 2020 ini.

Selanjutnya kasus Narkoba, jika dilihat dari beberapa kasus yang di Ungkap Polda NTB melalui Ditres Narkoba Polda NTB beserta jajrannya di polress se-NTB secara kuantitas barang yang di ungkap mengalami peningkatan.

“kalau sebelum tahun 2020 pengungkapan kasus Narkoba masih berjumlah Onan namun di tahun 2020 ini mengalami kenaikan menjadi kiloan bahkan belasan kilo,” ujar kapolda.

Menuru data yang di perlihatkan Kapolda, secara kuantitas memang mengalami kenaikan namun jika dilihat menurut kasusnya mengalami penurunan yakni sebanyak 296 kasus.

“pengungkapan kasus narkoba tergolong berhasil karena kuantitas barangnya naik dan jumlah kasusnya menurun, bahkan Pabriknya kita juga bongkar di Lombok Timur beberapa waktu lalu,”ujarnya

Untuk kasus Kamseltibcarlantas juga mengalami penurunan,”ini semua berkat himbauan dan penindakan,penanganan yang secara humanis di lakukan oleh Ditlantas bersama jajarannya,” puji kapolda.  

Selain kasus Kapolda juga membeberkan beberapa program yang berhasil di gelar baik itu kegiatan Sosial dan edukasi, seperti perogram memutus rantai penyebaran Cocid-19 dengan berbagai program seperti Oprasi yustsi yang di gelar setiap hari oleh seluruh jajarannya di Polda NTB ataupun Polres jajarannya di NTB.

Selain itu program edukasi penguatan ekonomi masyarakat dan menigkatan kreativitas masyarakat serta melatih masyarakat bertahan di kondisi sekarang ini melalui lomba kampung sehat yang sempat membuatnya senyum karena di acungkan Jempol dari Mabes POLRI pada saat acara kampung sehat Awwords.

Diakhir pidatonya Kapolda menyampaikan, sekiranya dalam kinerja Polda ada yang kurang dia bersedia menerima keritikan dan masukan, dan sebaliknya jika apa yang di lakukan Polda NTB bersama jajarannya dianggap baik berilah aplous sebagai penyemangat untuk dirinya dan jajarannya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto dalam sambutannya menyampaikan, akhir tahun ini menjadi momen Polda NTB dalam menyampaikan berbagai kegiatan dan kinerja yang telah dicapai selama 2020 juga sebagai ajang silaturahmi dengan seluruh awak media baik cetak, elektronik maupun online. 

"Kegiatan ini juga menjadi forum untuk penguatan komunikasi antara Polda NTB dengan rekan-rekan media baik media cetak, online dan elektronik," ungkap Artanto.