Diterjang Gelombang dan Angin Kencang, Kapal Barang Tenggelam di Oi Fanda -->

Breaking news

News
Loading...

Diterjang Gelombang dan Angin Kencang, Kapal Barang Tenggelam di Oi Fanda

Friday, 29 January 2021



Kota Bima - Sebuah kapal muatan bernama KM Putra Longos yang berangkat dari Pelabuhan Bima menuju Bari Flores NTT, Kamis (28/01) dini hari tenggelam di seputaran Pantai Wisata Oi Fanda di Desa Nipa Kecamatan Ambalawi, (29/01).


Kapal barang yang diketahui milik warga Desa Sangiang Kecamatan Wera yang memuat barang perabotan alat rumah tangga tersebut, tenggelam hingga ke dasar laut hingga kedalaman 10 meter akibat dihantam arus gelombang besar serta angin kencang.


Akibatnya, empat Anak Buah Kapal dan nakhoda sempat terombang-ambing di lautan dan akhirnya selamat. Sementara barang-barang angkutan seperti halnya garam dan lainnya tenggelam dan sebagian lainnya terbaru arus ke pinggir pantai sekitar.


Kapolres Bima Kota melalui Kassubag Humas Ipda Ridwan kepada wartawan Kamis siang mengatakan, kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Kota Bima sekitar pukul 03.00 WITA.


“Tepatnya di perairan laut so Oi Fanda Desa Nipa Kapal Muatan Putra Longos ini dihantam gelombang disertai angin kencang sehingga menyebabkan kapal tidak dapat dikendalikan dan tenggelam ke dasar laut,” ungkapnya.


Sementara Nahkoda dan ABK bebernya langsung menyelematkan diri menggunakan alat seadanya ke pinggir pantai. Sekitar pukul 05.00 wita lanjutnya, kemudian diketahui oleh warga di pinggir pantai so Oi Fanda.


“Warga mendengar ada orang yang meminta pertolongan dan warga langsung menyelamatkan nahkoda dan ABK-nya,” jelasnya.


Bodi kapal milik Saiful, 36 tahun warga Sangiang-Wera tersebut pun akhirnya tenggelam. Sementara sebagian besar barang muatannya tenggelam ke dasar laut dan hanya sebagian barang perabot rumah tangga yang terbawa arus di pinggir pantai.


Empat korban selamatkan tersebut lanjutnya, oleh warga kemudian dibawa oleh pihak keluarga ke desa Sangiang Kecamatan Wera. (*)