Pemkab Mesuji Hibahkan Tanah ke Korem 043/Gatam

Breaking news

News
Loading...

mgid

adsense

Pemkab Mesuji Hibahkan Tanah ke Korem 043/Gatam

: Tim Media-INVESTIGASI.COM
Thursday, 28 January 2021



Menerima Hibah Tanah Kodim 0426 Tuba Dampingi Danrem 043/Gatam Toto Jumarion


Tulang Bawang  - Komandan Kodim 0426 Tulang Bawang Letkol Kav Joko Sunarto, S.Sos., M.Han mendampingi Danrem 043/Gatam (Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S.,M.I.Kom.


Menerima Hibah Tanah Milik Pemerintah Kabupaten Mesuji Kepada TNI, Korem 043/Gatam untuk  pembangunan Kompi "B" Yonif 143/TWEJ yang bertempat di Aula Kantor Bupati Mesuji, lantai III Desa Wiralaga mulya Kec. Mesuji Kab. Mesuji, Rabu 27 Januari 2021.


Dihadiri sekitar  50 orang dengan mematuhi protokol kesehatan, acara dihadiri  Asisten I Guburnur Drs, Qodratu Ihwan.MM, Pasi Intel Kajari TB Raden Akmal SH, Ketua DPRD Mesuji Hj,Elfianah, Bupati Mesuji H.Saply TH, Wakil Bupati Mesuji Hayati Chandra Lela, S.Sos, MM, Dandim jajaran Korem 043/Gatam,  Danyon 143/TWEJ Mayor Inf Iqbal.T, Sekda Mesuji Syamsudin, S.Sos, Kepala Desa Berasan Makmur Suwaris,  Ketua BPD Berasan Makmur Wagino, Kades Wiralaga II Agus Pritno, dan  Tokoh Masyarakat Mat Jaya. 


Bupati Saply TH mengatakan jika kegiatan hari ini adalah Penandatanganan dan Penyerahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Kab. Mesuji dengan Korem 043/Garuda Hitam berupa lahan seluas 20 hektar dari pemerintahan Desa Berasan Makmur, yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan Kompi "B" Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya.

dan masih ada lagi yang akan dihibahkan oleh bapak Mat Jaya Tokoh masyarakat Desa Wiralaga II seluas 40 hektar dan sekarang masih dalam proses pengurusan administrasinya.


 "Upaya penghibahan lahan ini merupakan bentuk dukungan kami kepada TNI. Kami bersama seluruh masyarakat Mesuji sangat menyambut baik dan mendukung pembangunan batalyon di Kabupaten Mesuji. Harapan kami, dengan adanya kompi batalyon mampu meningkatkan keamanan di Kab. Mesuji," jelas Saply. 


Disisi lain, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S.,M.I.Kom mengatakan jika pihaknya belajar banyak di Mesuji atas peristiwa hibah ini. 


 "Saya akan belajar cara bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dari tokoh masyarakat yang  beliau telah menghibahkan tanahnya kepada TNI, itu semua akan saya sampaikan kepada Gubernur. 


Pertahanan yang kita miliki ada pertahanan militer dan mempunyai doktrin yang di sebut Catur Darma Eka Paksi, dan sekarang ada Pertahanan Nir Militer "Dwi Bhakti Eka Darma" yaitu pertahanan komponen yg tidak bersenjata.

dan akan menjadi komponen pendukung ancaman militer," jelas Danrem. 

 

Semua ancaman yang berdimensi politik, idiologi dan budaya, lanjut Danrem , atau semua ancaman diluar Militer, bisa datang dari dalam negeri maupun luar Negeri.


"Pertahanan Nir Militer

suatu upaya yang bersifat semesta dalam rangka menjunjung tugas yang dilakukan berdasarkan atas kesadaran  dan kewajiban masyarakat dan komponen masyarakat  sebagai warga Negara. 


Pertahanan Militer yang ada di wilayah Lampung ada Batalyon 143/TWEJ yang berkedudukan di Natar dan posisi kompi tersebar, dan juga ada komando kewilayahan yaitu Kodim- kodim yang tersebar di tiap-tiap Kabupaten. Saya sangat bangga dan mengapresiasi kepada masyarakat Kab. Mesuji betul betul memiliki jiwa berbangsa dan bernegara. pembangunan Kompi "B" ini adalah untuk kepentingan bangsa dan negara, dan bukan kepentingan pribadi," papar Jenderal TNI berbintang satu tersebut.


Id