Satuan Lantas Polres Sumbawa Rutin Gelar Patroli Blue Light

Advertisement

Satuan Lantas Polres Sumbawa Rutin Gelar Patroli Blue Light

: Tim Media Investigasi
Tuesday, 19 January 2021



Cegah Kejahatan, Tekan Kecelakaan, Serta Pendisiplinan Prokes, Satuan Lantas Polres Sumbawa Rutin Gelar Patroli Blue Light.


Sumbawa Besar - Guna menciptakan situasi aman, kondusif dan mengantisipasi tindak kejahatan pada malam hari, setiap malam regu Unit Patroli Satlantas Polres Sumbawa rutin melaksanakan “Blue Light Patrol”, atau patroli pada malam hari dengan menyalakan lampu rotator berwarna biru. kegiatan ini rutin dilaksanakan guna mengantisipasi gangguan keamanaan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terutama menekan Kasus 3C yakni Curas, Curhat, dan Curanmor. 

disamping itu, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas demi keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas (Kamseltibcar Lantas), pada Senin malam (18/1/2021).


"Giat patroli Blue light jajaran Satlantas di wilayah Kota Sumbawa dan tempat-tempat Rawan laka", terang Kasat Lantas, Iptu Samsul Hilal, SH kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (19/1/2021).


dikatakan Iptu Samsul Hilal, Regu Unit Patroli Satlantas Polres Sumbawa melaksanakan Patroli pada malam hari yang dimulai pukul 09.00 sampai dengan dini hari.  Kegiatan Patroli di fokuskan pada tempat-tempat rawan gangguan kamtibmas, rawan Laka seperti di Seputaran kota,  Patung Kuda Kelurahan Pekat dan Wilayah Kecamatan Unter Iwes. 


"Patroli dengan menyalakan lampu rotator berwarna biru pada malam hari atau “blue light patrol”, masyarakat akan tahu ada kehadiran polisi di sekitarnya sehingga jika ada seseorang yang berniat jahat seperti mencuri, merampas, menjambret, ia akan membatalkan niat jahatnya karena merasa ada kehadiran Polisi di sekitarnya yang mengamankan dan mengawasi tempat tersebut sehingga warga masyarakat merasa aman dan nyaman", papar Iptu Samsul Hilal.


Selain itu, Patroli malam hari juga dilakukan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas dan aksi balap liar yang sering terjadi saat di malam hari.


"kegiatan ini sebagai bentuk pelayanan dan perlindungan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna jalan.

Patroli malam rutin dilaksanakan sebagai bentuk tindakan antisipasi gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas serta antisipasi kecelakaan lalu lintas,” ungkap Iptu Samsul Hilal.


Menurut Iptu Samsul, selain melakukan patroli personil juga melakukan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat keluar rumah dan tidak berkerumun guna memutus mata rantai Covid-19.


“Melalui patroli ini diharapkan juga bisa mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19. Satlantas juga rutin bagi-bagi masker setiap harinya,” pungkasnya.


Diharapkan dengan dilaksanakannya blue light patrol atau patroli pada malam hari dengan menyalakan lampu rotator berwarna biru ini mampu mencegah terjadinya tindak kejahatan yaitu curat, curas, maupun curanmor di wilayah Polres Sumbawa, serta menekan angka kecelakaan, sekaligus menekan oenyebaran virus Corona, tutup Kasat lantas. (*)